NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA TEMBANG SINDHENAN DAN TARIAN LENGGER LANANG DI YAYASAN RUMAH LENGGER BANYUMAS

Fiska, Ayu Nurfaiza (2023) NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA TEMBANG SINDHENAN DAN TARIAN LENGGER LANANG DI YAYASAN RUMAH LENGGER BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fiska Ayu Nurfaiza_Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Tembang Sindhenan dan Tarian Lengger Lanang di Yaasan Rumah Lengger Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada zaman dahulu, kesenian banyak digunakan sebagai media dakwah oleh para Walisongo, mereka menyisipkan nilai-nilai keislaman di dalamnya tanpa mengubah eksistensi dari kesenian itu sendiri. Salah satunya adalah kesenian lengger yang digunakan oleh Sunan Kalijaga sebagai media dalam menyebarkan Agama Islam, namun semakin berkembangnya zaman, nilai-nilai ini mulai luntur sehingga kesenian ini beralih fungsi hanya sebagai hiburan semata. Oleh karena itulah peneliti mengangkat topik ini guna menggali nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terdapat pada kesenian lengger baik dilihat dari tariannya maupun tembang sindhenannya sehingga nantinya dapat mengedukasi masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian ditemukan nilai pendidikan Islam yang terkandung pada tembang sindhenan (eling-eling, brendong kulon dan sekar gadung) dan pada gerak tariannya diantaranya nilai Aqidah, nilai akhlak dan juga nilai amaliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Kesenian Lengger Lanang, Tembang Sindhenan.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fiska Ayu Nurfaiza sdri
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:51
Last Modified: 07 Jul 2023 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20032

Actions (login required)

View Item View Item