IMPLEMENTASI METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MA SALAFIYAH KARANGTENGAH WARUNGPRING PEMALANG

Elysa, Elysa (2023) IMPLEMENTASI METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X DI MA SALAFIYAH KARANGTENGAH WARUNGPRING PEMALANG. Skripsi thesis, UIN PROF.K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Elysa_Implementasi Metode Bervariasi dalam Pembelajaran Fikih di MA Salafiyah Karangtengah Warungpring Pemalang.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran fikih, diperlukan penggunaan metode pembelajaran secara bervariasi. Metode pembelajaran bervariasi adalah metode pembelajaran dari satu metode ke metode lain yang bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan dan kebosanan peserta didik dalam proses penyampaian materi. Dalam pembelajaran fikih kelas X MA salafiyah Karangtengah menggunakan metode pembelajaran bervariasi. Berdasarkan hal tersebut peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana penerapan metode pembelajaran bervariasi dalam pembelajaran fikih kelas X di MA Salafiyah Karangtengah serta apa saja faktor penghambat dan pendukungnya. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer di peroleh secara langsung melalui wawancara dengan guru mata pelajaran fikih kelas X dan perwakilan siswi kelas X Mipa serta melalui pengamatan langsung dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku, artikel, karya ilmiah yang memiliki hubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Dalam pelaksanaannya metode bervariasi dilaksanakan pada masing-masing kelas X Mipa dan IPS dimana pada setiap pertemuan guru menggunakan metode pembelajran yang berbeda-beda, serta jika memungkinakan dalam satu kali pertemuan guru menggunakan lebih dari satu metode pembelajaran. Faktor pendukung dalam penerapan metode bervariasi diantaranya: semangat dan kemauan yang tinggi seorang guru, keaktifan dan antusiasme peserta didik, media pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkat faktor penghambatnya yaitu kebalikan dari faktor pendukungnya. Kata Kunci: Metode Bervariasi, Pembelajaran Fikih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bervariasi, Pembelajaran Fikih
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elysa Elysa
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:37
Last Modified: 11 Jul 2023 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20031

Actions (login required)

View Item View Item