IMPLEMENTASI BK KOMPREHENSIF PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL “SEKOLAH PARA JUARA, TERDEPAN DALAM AKHLAK MULIA” DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

Amalia, Nur Khasanah (2023) IMPLEMENTASI BK KOMPREHENSIF PADA PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL “SEKOLAH PARA JUARA, TERDEPAN DALAM AKHLAK MULIA” DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Amalia Nur Khasanah_Implementasi BK Komprehensif pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka untuk Mewujudkan Profil Sekolah Para Juara, Terdepan dalam Akhlak Mulia di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Urgensi pendidikan sebagai bagian dari faktor penentu kualitas sumber daya manusia melalui lembaga pendidikan formal bagi peserta didik mengembangkan pribadinya tidak terlepas dari peran berbagai pihak penyelenggara pendidikan di sekolah maupun kurikulum sebagai aturan dalam tatanan sistem pendidikan. Kehadiran kebaruan kurikulum merdeka pada Februari 2022 ditetapkan oleh Kemendikbudristek dengan tujuan sistem pendidikan nasional ditambah dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, guru BK terlibat peranannya sebagai fasilitator untuk mengupayakan kesejahteraan masyarakat sekolah dalam proses penyesuaian sampai pada tahap pelaksanaan berbagai aturan yang hadir selama proses pendidikan berlangsung. Melalui penerapan layanan bimbingan konseling komprehensif sebagai program dengan perencanaan dan pengkoordinasian terkait aktivitas bimbingan konseling dalam rangka membantu peserta didik mencapai perkembangan optimal, guru BK menerapkan berbagai jenis kegiatan layanan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dan keadaan sekolah. SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto adalah salah satu sekolah Islam berbasis swasta di Kabupaten Banyumas yang memiliki visi misi sejalan dengan kurikulum merdeka dan mengemas profilnya sebagai “Sekolah Para Juara, Terdepan dalam Akhlak Mulia.” Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran BK Komprehensif yang ditetapkan selaras dengan tujuan dari kurikulum merdeka. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumnetasi dengan guru BK SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto selaku pelaksana dari penerapan BK Komprehensif di sekolah. Dengan mengacu pada prinsip BK Komprehensif yang dikemukakan Muro dan Kottman, hasil penelitiannya adalah SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menerapkan empat komponen BK Komprehensif meliputi: (1) layanan dasar, (2) layanan responsif, (3) perencanaan individual, (4) dukungan sistem, serta pogram unggulan dan kegiatan pendukung lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BK Komprehensif, Kurikulum Merdeka, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat > 2x7.15 Psikologi Agama Islam
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdri Amalia Nur Khasanah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:44
Last Modified: 07 Jul 2023 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20027

Actions (login required)

View Item View Item