PERAN K.H. SULAIMAN JUFRI DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI DESA KARANGGINTUNG KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP TAHUN 1982 -2021

Safrudin, Hasan (2023) PERAN K.H. SULAIMAN JUFRI DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI DESA KARANGGINTUNG KECAMATAN GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP TAHUN 1982 -2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Safrudin Hasan_full lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan biografi K.H. Sulaiman Jufri dan untuk mendeskripsikan peran K.H. Sulaiman Jufri dalam pengembangan Islam di Desa Karanggintung, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap. Penelitian “Peran K.H. Sulaiman Jufri dalam Perkembangan Islam di Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap” menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi dan historiografi. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori peran, adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Sosiologis yang digunakan dalam menggambarkan peristiwa masa lalu, sehingga di dalamnya terungkap segi-segi sosial dari peristiwa yang dikaji. Hasil dari penelitian ini adalah K.H. Sulaiman Jufri lahir di Cilacap 15 Oktober 1957, pada mudanya dipondokkan oleh ayahnya di berbagai tempat seperti Pondok Pesantren Mafatihul Huda Jampes Kediri dan Pondok Pesantren El-Bayan Majenang Cilacap, lalu terakhir ia mondok di daerah Lasem, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Islah Lasem Rembang Jawa Tengah. Sepulangnya dari mondok dan berhaji, ia lantas menikahi dan dikaruniai lima anak, bernama Endang Hapsari, Khabib Miftahuddin, Khanan Mansyur, Ulul Albab dan Umniyatul Lathifah. K.H. Sulaiman Jufri wafat pada usia 50 tahun dan dimakamkan di Desa Karanggintung, tempatnya masih dalam area Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Miftahul Huda. Peran dari K.H. Sulaiman Jufri untuk perkembangan Islam dalam masyarakat dengan cara menjadi penyuluh agama di masyarakat, mendirikan Masjid di Desa Karanggintung, mendirikan Madrasah Diniyah di Desa Karanggintung, dan menjadi pembimbing di masyarakat. Selain itu melalui sosial kemasyarakatan, ia mengaktifkan organisasi NU di Desa Karanggintung, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap dan menjadi Pembina moral bagi masyarakat Desa Karanggintung, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran, K.H. Sulaiman Jufri, Islam, Jawa
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Safrudin Hasan sdr
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:28
Last Modified: 06 Jul 2023 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20024

Actions (login required)

View Item View Item