IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERERI 1 BANJARNEGARA

Muhamad, Qorni (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERERI 1 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhamad Sholahudin Wais Qorni_IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI BANJARNEGARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan bentuk kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler dengan berbagai macam materi dan bentuk pembelajaran, dimana nantinya konten dapat dioptimalkan agar siswa memiliki banyak waktu yang tersedia untuk dapat menggali konsep-konsep dalam kurikulum dan dapat memperkuat kompetensi. Berbagai bentuk pengajaran yang diajarkan kepada peserta didik dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang direncanakan pendidik sebelumnya yang setara dengan minat, potensi dan bakat siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam, bagaimana pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan bagaimana evaluasi pembelajaran Kurikulum Merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep ataupun teknik analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tahapan perencanaan pembelajaran, dari CP (Capaian Pembelajaran) itu di break down menjadi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) setelah dari ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) nantinya diturunkan lagi menjadi modul kalau dulu namanya RPP. Modul ini berisi kerangka dan rencana pembelajaran, terus ditambah lagi review dari materi, kemudian ada penugasan, penilaian. Sebelum ke kelas adapun yang dipersiapkan seperti media, materi, pembagian Minggu efektif, mempersiapkan, menyesuaikan Prota, Promes ketika akan mengajar suatu materi. Kemudian pada implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam proses pelaksanaan pembelajaran yakni memerdekakan siswa, Kemudian untuk pelaksanannya dengan melihat materi di Platform Merdeka Mengajar dan sebagainya itu secara gambaran besarnya adalah intinya Guru harus memerdekakan siswa. Tahap terakhir yakni evaluasi ketika sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yaitu tidak hanya di akhir pembelajaran, akhir materi, akan tetapi di awal yang dulu namaya Pretest kalau sekarang namanya Assesment Diagnostik, yakni Guru perlu mengetahui terlebih dahulu kemampuan siswa sudah sejauh mana, apabila sudah ditahap mahir maka Guru tinggal memantau saja, sedangkan pada siswa yang masih kurang pemahaman maka akan review disitu, untuk Postestnya atau formatif, kalau setiap materi pembelajaran atau sumatif akhir semester diharapkan pada mengdiagnostik tadi yang sebelumnya belum bisa menjadi bisa. Kata kunci: Implementasi, Kurikulm Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Kurikukum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Sholahudin Wais Qorni sdr
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:21
Last Modified: 06 Jul 2023 06:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item