PENGARUH SIKAP KEUANGAN, PENGETAHUAN KEUANGAN, DAN LOCUS OF CONTROL PADA PELAKU USAHA (Studi Empiris pada Pelaku UMKM ASPIKMAS di Kecamatan Baturraden)

Luthfi, Abdul Aziz (2023) PENGARUH SIKAP KEUANGAN, PENGETAHUAN KEUANGAN, DAN LOCUS OF CONTROL PADA PELAKU USAHA (Studi Empiris pada Pelaku UMKM ASPIKMAS di Kecamatan Baturraden). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Luthfi Abdul Aziz_Pengaruh Sikap Keuangan, Pengetahuan Keuangan, dan Locus Of Control Terhadap Manajemen Keuangan Personal.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keuangan merupakan salah satu kebutuhan hidup yang penting. Faktorfaktor yang dapat memengaruhi manajemen keuangan personal yakni sikap keuangan, pengetahuan keuangan, dan locus of control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap keuangan, pengetahuan keuangan, dan locus of control baik secara parsial maupun simultan terhadap manajemen keuangan personal pelaku usaha ASPIKMAS di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu pelaku UMKM ASPIKMAS di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas sebesar 150 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 orang dengan menggunakanpurposive sampling dari rumus slovin. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen keuangan personal. Pengetahuan keuangan juga berpengaruh namun tidak signifikan terhadap manajemen keuangan personal. Sedangkan, sikap keuangan secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap manajemen keuangan personal. Akan tetapi, secara simultan ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen keuangan personal. Peneliti menyarankan bagi penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel locus of control sebagai variabel intervening dan menambahkan variabel bebas lainnya misalnya income, literasi keuangan, self-efficacy, dan love of money.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Locus Of Control, Manajemen Keuangan Personal, UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang (termasuk Valuta, Kebijakan Moneter, Inflasi dll)
300 Social sciences > 360 Social services; association
300 Social sciences > 360 Social services; association > 366 Association
300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Luthfi Abdul Aziz sdr
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:18
Last Modified: 06 Jul 2023 06:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20014

Actions (login required)

View Item View Item