STRATEGI PENCEGAHAN PERCERAIAN PADA RUMAH TANGGA MANTAN BURUH MIGRAN (STUDI KASUS DI DESA LOSARI KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS)

Irfan, Baharudin Afif (2023) STRATEGI PENCEGAHAN PERCERAIAN PADA RUMAH TANGGA MANTAN BURUH MIGRAN (STUDI KASUS DI DESA LOSARI KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN PROF KH. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
IRFAN BAHARUDIN AFIF_STRATEGI PENCEGAHAN PERCERAIAN PADA RUMAH TANGGA MANTAN BURUH MIGRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buruh migran merupakan istilah bagi orang orang yang bekerja di luar negeri. Desa Losari yang terletak di Kecamatan Rawalo memiliki warga yang hampir rata rata pernah menjadi buruh migran. Sehingga di tahun 2017 desa ini mendapat penghargaan Desa Migran Produktif. Yang menarik dalam kasus ini adalah mereka mampu bertahan dari perceraian dengan posisi salah satu pasangan yang tidak bisa selalu bersamanya. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui bagaimana stategi yang dilakukan oleh para pelaku migran untuk menghidari adanya perceraian dirumah tangga mereka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research). Metode penelitian ini kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data diperoleh wawancara dan buku-buku atau jurnal yang terkait dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan Observasi melalui wawancara kepada para pihak yang pernah menjadi buruh migran. Tindakan selanjutnya adalah penyusunan data kemudian dilanjutkan penganalisan data yang menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Informan suami istri ada sebanyak sepuluh keluarga yang berhasil mempertahankan rumah tangganya dikarenakan mampu membangun ketahanan keluarga setelah kembali sebagai buruh migran. Adapun stategi para mantan buruh migran antara lain a) tidak menghindar saat ada masalah dan menyelesaikannya, b) mengakui perbedaan pendapat, c) Melakukan diskusi jika terjadi masalah tangga. Sedangkan ada tiga mantan buruh migran yang mengalami perceraian disebabkan karena faktor long distance marriage sehingga menyebabkan perselingkuhan, dan kemandirian istri sehingga merasa tidak bergantung pada suami. 2. Ulama menyepakati ketika pasangan sedang ada masalah ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti Selalu berdiskusi dan mengutamakan perdamaian dan tidak terburu buru untuk melakukan perceraian. Dan Tafsir Ibnu Katsir juga membahas hal ini dengan sebaiknya pasangan tidak berpisah dalam hal tempat tinggal. Kata kunci : Pencegahan Perceraian, Buruh Migran dan Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencegahan Perceraian, Buruh Migran dan Hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.33 Perceraian
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Sdr Irfan B. Afif
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:14
Last Modified: 06 Jul 2023 06:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20013

Actions (login required)

View Item View Item