PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL (Studi Kasus Konsumen Kosmetik Halal di Purwokerto)

Risqi, Utami (2023) PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL (Studi Kasus Konsumen Kosmetik Halal di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Risqi Utami_ Pengaruh Kesadaran Halal dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal (Studi Kasus Konsumen Kosmetik Halal di Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konsumsi dan penggunaan produk halal pada saat ini bukan hanya mencakup pada makanan dan minuman saja, namun mencakup pada sektor keuangan syariah, busana halal, obat-obatan halal dan kosmetik halal. Kebutuhan penggunaan kosmetik halal menjadi kepentingan bagi konsumen yang menggunakannya, konsumen menjadikan halal sebagai gaya hidup yang sesuai dengan ajaran agama Islam, dengan perkembangan produk halal dan banyaknya populasi Muslim sehingga kesadaran akan menggunakan produk halal meningkat. Pentingnya faktor kesadaran halal dalam mengambil keputusan menjadikan konsumen memilih untuk memutuskan pembelian produk kosmetik halal dalam mengkonsumsi serta memakai produk halal yang bersifat umum baik itu Muslim maupun non-Muslim. Label halal yang menempel pada kemasan menjadikan faktor dalam mengambil keputusan pembelian produk kosmetik halal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Halal dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal pada Konsumen Kosmetik Halal di Purwokerto. Fokus dalam penelitian ini adalah konsumen kosmetik halal di Purwokerto yang ditemui secara kebetulan dan menggunakan teknik Snowball Sampling untuk mendapatkan sampel sebanyak 400 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall W, dan Regresi Ordinal dengan aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kesadaran halal dan label halal secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal. Secara simultan berdasarkan Analisis Regresi Ordinal pada Model Fitting Information menunjukan bahwa variabel Kesadaran Halal dan Label Halal bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal pada Konsumen Kosmetik Halal di Purwokerto. Kata Kunci: Kesadaran Halal, Label Halal, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Kesadaran Halal, Label Halal, Keputusan Pembelian.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Risqi utami sdr
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:10
Last Modified: 05 Jul 2023 08:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20009

Actions (login required)

View Item View Item