ANALISIS PERILAKU KEPUTUSAN PERMODALAN PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL DALAM MENGGUNAKAN JASA RENTENIR (Studi Kasus di Pasar Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga)

Indriyani Angelina, Putri (2023) ANALISIS PERILAKU KEPUTUSAN PERMODALAN PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL DALAM MENGGUNAKAN JASA RENTENIR (Studi Kasus di Pasar Kutawis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
INDRIYANI ANGELINA PUTRI_1917202114.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bermula dari fenomena di lapangan dan berdasarkan hasil observasi/pengamatan bahwa peneliti melihat masih ada pedagang di Pasar Kutawis yang lebih menggunakan jasa rentenir dari pada lembaga keuangan yang berada di sekitar pasar Kutawis tersebut. Hal ini dikarenakan motif pedagang di Pasar Kutawis untuk memenuhi kebutuhan modal mereka yang menginginkan proses pencairan uangnya mudah untuk diperoleh. Dalam hal ini peneliti ingin melihat perilaku keputusan pedagang dalam menggunakan jasa rentenir tersebut. Dalam mengkaji dan menelaah permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah secara sistematis, faktual dan akurat. Penelitian ini menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sebagai teknik analisis data. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pedagang memilih rentenir dalam penambahan modalnya di Pasar Kutawis: Motivasi pedagang ialah sebagai tambahan permodalan usaha, persepsi beranggapan bahwa lembaga keuangan dengan rentenir itu sama, pengetahuan pedagang masih rendah tentang lembaga keuangan, keyakinannya karena memiliki kedekatan emosional yaitu sudah mengenal cukup lama satu sama lain, lingkungan sosial seperti keluarga dan pedagang lain juga sebagai pendorong dalam pengambilan keputusan tersebut. Kata Kunci: Pasar Tradisional, Rentenir, dan Keputusan permodalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional, Rentenir, Keputusan Permodalan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Indriyani Angelina Putri sdri
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:09
Last Modified: 05 Jul 2023 08:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20006

Actions (login required)

View Item View Item