ANALISIS YURIDIS PERKARA WANPRESTASI AKAD MULTIJASA IJARAH DENGAN MENGGUNAKAN SMALL CLAIM COURT (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA CILACAP NO. 5791/PDT.G.S/2018/PA.CLP)

Sifa, Nurrahma (2023) ANALISIS YURIDIS PERKARA WANPRESTASI AKAD MULTIJASA IJARAH DENGAN MENGGUNAKAN SMALL CLAIM COURT (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA CILACAP NO. 5791/PDT.G.S/2018/PA.CLP). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SIFA CETAK JILID_part 1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis yuridis putusan hakim dalam menyelesaikan perkara pada putusan Pengadilan Agama Cilacap No. 5791/Pdt.G.S/2018/PA.Clp tentang wanprestasi akad multijasa Ija>rah dengan menggunakan Small Claim Court. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan wawasan baru bagi berbagai pihak, seperti dapat memberi referensi pemikiran ilmiah tentang hukum yuridis yang digunakan hakim dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah, khuhsusnya dengan menggunakan akad pembiyaan multijasa Ija>rah dan informasi kepada masyarakat yang akan mengajukan gugatan sengketa ekonomi syariah menggunakan model gugatan sederhana. Sebagai bahan masukan untuk melengkapi referensi yang belum pernah dikaji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan yuridis normatif. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan harus difokuskan pada pokok-pokok permasalahan yang ada sehingga diperoleh data yang relevan seperti menggunakan sumber data primer yaitu salinan putusan Pengadilan Agama Cilacap nomor 5791/Pdt.G.S/2018/PA.Clp. sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa pembenaran yang mendukung sumber data primer. Penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 tahun 2015 tentang Penyelesaian Gugatan Sederhana. Yang diharapkan hal tersebut dapat lebih mempermudah dari segi waktu dan biaya, harapannya Pengadilan Agama khususnya dapat merealisasikan hal tersebut. Pada BAB III pasal 5 ayat (3) tentang penyelesaian Gugatan Sederhana paling lama 25 hari sejak sidang pertama tertanggal 2 Januari 2019 dan putus pada tanggal 6 Februari 2019. Kata kunci: Analisis Yuridis, ija>rah, wanprestasi, dan Small Claim Court

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Yuridis, ijarah, wanprestasi, Small Claim Court
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Syifa Nurrahma sdri
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:06
Last Modified: 05 Jul 2023 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20005

Actions (login required)

View Item View Item