STRATEGI KOMUNIKASI RADIO BINAMAS FM PURWOREJO DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH

Puput, Dwi Lestari (2023) STRATEGI KOMUNIKASI RADIO BINAMAS FM PURWOREJO DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUPUT DWI LESTARI_STRATEGI KOMUNIKASI RADIO BINAMAS FM PURWOREJO DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Radio merupakan media massa sebagai sarana dalam menyampaikan pesan berupa informasi, pendidikan, dan hiburan dengan format audio. Radio Binamas FM Purworejo merupakan radio muslim yang memanfaatkan media massa sebagai media sarana untuk berdakwah. Radio Binamas FM Purworejo menjadi media massa yang sangat berperan dalam perkembangan dakwah islam dengan memberikan pelayanan terhadap para pendengar terkait pemahaman religi. Dengan hal ini, radio Binamas FM Purworejo tentunya harus memiliki strategi atau langkah – langkah dalam menyampaikan pesan dakwah agar dapat tersampaikan kepada masyarakat tentunya secara lebih kreatif dan juga menarik. Mengingat daya saing radio terjadi tidak hanya dengan sesama radio umum saja, tetapi juga dari berbagai media dengan perkembangan era modern yang terus berkembang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif lapangan (Field Reserch). Pada pengumpulan data penulis mengunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Dan untuk mengetahui keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi yaitu metode membandingkan antara hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan melakukan analisis menggunakan teori komunikasi Harold D. Laswell. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi yang dilakukan radio Binamas FM Purworejo dalam menyampaikan pesan dakwah dengan menggunakan beberapa cara yaitu melalui program siaran, pesan sisipan, dan melalui program kegiatan yang disiarkan secara langsung melalui radio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Radio, dan Pesan Dakwah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Puput Dwi Lestari sdri
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:40
Last Modified: 05 Jul 2023 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19993

Actions (login required)

View Item View Item