IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ISLAMIYAH KECITRAN KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA

okfiyanti, okfiyanti (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ISLAMIYAH KECITRAN KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Okfiyanti_ImplementasiStrategiCooperativeLearningdalamPembelajaranTematikdiMIIslamiyahKecitranKecamatanPurwarejaKlampokKabupatenBanjarnegara.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu pentingnya strategi dalam pembelajaran Tematik. MI Islamiyah Kecitran ini dalam proses pembelajarannya menggunakan sistem kerjasama atau kerja kelompok untuk mata pelajaran tematik, yang lebih dikenal dengan nama pembelajaran kelompok (cooperative learning). Cooperative Learning adalah bentuk pengajaran yang membagi siswa dalam beberapa kelompok yang bekerjasama antara satu siswa dengan lainnya untuk memecahkan permasalahan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan strategi cooperative learning dalam pembelajaran tematik di MI Islamiyah Kecitran Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah proses penerapan strategi cooperative learning dalam pembelajaran tematik di kelas V sedangkan subjek penelitiannya adalah para guru, kepala sekolah dan siswa kelas V. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penganalisaan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan pembelajaran tematik di MI Islamiyah Kecitran Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara menggunakan strategi cooperative learning dengan menggunakan model STAD dan Jigsaw. Strategi Cooperative Learning adalah strategi yang dilakukan dengan cara berkelompok. Siswa dalam kelas dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota kelompok yang dipilih secara random, kelompok tersebut bertujuan supaya masing-masing individu saling bekerjasama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Cooperative Learning, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Okfiyanti O
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:26
Last Modified: 04 Jul 2023 06:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19989

Actions (login required)

View Item View Item