PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MODERN AL AZHARY AJIBARANG

Asril, Fuadi (2023) PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MODERN AL AZHARY AJIBARANG. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saefuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Asril Fuadi_Pengembangan Kecerdasan Majemuk Pada Pembelajaran Tematik Kelas V dI MI Modern Al Azhari Ajibarang.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan Majemuk merupakan sebuah teori belajar berupa kemempuan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran di Sekolah , dan sebagai bentuk teori dalam pendidikan yang perlu dilaksanakan khusunya di jenjang sekolah dasar dengan melibatkan seluruh komponen sekolah agar terciptanya pembelajaran yang lebih baik. Pembelajaran dengan kecerdasan majemuk sendiri mempunyai tujuan untuk memfasilitasi peserta didik mampu menggunakan pengetahuan, mengkaji, mengimplementasi nilai kemampuan serta mengembangkan keterampilan yang memungkinkan tumbuh dan berkembangnya kecerdasan tertentu dalam diri siswa serta mewujudkannya dalam kegiatan belajar sehari-hari di Sekolah. Pembahasan dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yang membahas mengenai Pengembangan Kecerdasan Majemuk pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Modern Al Azhary Ajibarang . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun lokasi penelitian ini di MI Modern Al Azhari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari data dari subjek penelitian sebagai sumber informasi yaitu Kepala Sekolah dan Guru Kelas V MI Modern Al Azhary. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai Pengembangan kecerdasan Majemuk Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Modern Al Azhary Ajibarang sudah berhasil diterapkan dengan baik. Keberhasilan guru dalam pembelajaran tematik dengan mengembangkan Kecerdasan Majemuk karena guru melaksanakannya secara sistematis melalui tahap perencanaan yang telah dirumuskan dalam bentuk Silabus, RPP, dan Indikator. Tahap pelaksanaan dalam bentuk penggunaan pendekatan scientifik yang memuat kegiatan membaca, menyimak dan berdiskusi. Dari kegiatan tersebut menumbuhkan nilai karketer yang ada dalam indikator seperti disiplin, tanggung jawab, kerja keras, serta penggunaan metode pembelajaran bervariasi yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab danpenugasan. Tahap penilaian dalam bentuk penilaian aspek Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Di Modern Al Azhary Ajibarang , Pada Pembelajaran Tematik Kelas V, Pengembangan kecerdasan Majemuk
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.5 Creative Arts for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ASRIL FUADI sdr
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:28
Last Modified: 04 Jul 2023 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19988

Actions (login required)

View Item View Item