ANALISIS IMPLEMENTASI AKAD WADIAH YAD DHAMANAH PADA SISTEM SETORAN DANA HIBAH PROGRAM BISNIS MAHASISWA (PBM) FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO (STUDI KASUS DI ISLAMIC BANK IN LABORATORY (IBIL)).

Karomatul, Laela (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI AKAD WADIAH YAD DHAMANAH PADA SISTEM SETORAN DANA HIBAH PROGRAM BISNIS MAHASISWA (PBM) FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO (STUDI KASUS DI ISLAMIC BANK IN LABORATORY (IBIL)). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Karomatul Laela-Analisis implementasi akad wadiah yad dhamanah pada sistem setoran dana hibah Program Bisnis Mahasiswa (PBM) di Islamic Bank In Laboratory (IBIL).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wadiah yad dhamanah adalah sistem akad penitipan dimana penerima titipan boleh memanfaatkan barang titipan dengan tetap bertanggung jawab atas uang atau barang tersebut. Mekanisme dan implementasi akad sistem setoran dana hibah Program Bisnis Mahasiswa (PBM) cukup mendapat perhatian mahasiswa yang beranggapan bahwa akad setoran dana hibah PBM yang diterapkan oleh Islamic Bank In Laboratory sama dengan akad transaksi unggulan Islamic Bank In Laboratory (IBIL) lainnya. Hal ini membuat banyak mahasiswa kurang paham terkait implementasi akad yang digunakan dalam sistem setoran dana hibah Program Bisnis Mahasiswa (PBM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi akad wadiah yad dhamanah pada sistem setoran dana hibah Program Bisnis Mahasiswa (PBM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Studi lapangan kualitatif adalah fokus dari penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi akad wadiah yad dhamanah pada sistem setoran dana hibah Program Bisnis Mahasiswa sudah sesuai rukun dan syarat akad wadiah yad dhamanah. penerapan akad wadiah yad dhamanah di Islamic Bank In Laboratory sesuai dengan fatwa 02/DSN-MUI/IV/2000 memenuhi ketentuan umun tabungan yaitu bersifat simpanan, simpanan dapat diambil kapan saja, dan tidak ada imbalan yang di syaratkan kecuali dalam bentuk pemberian (athaya). Kata Kunci: Implementasi, Wadiah Yad Dhamanah, Program Bisnis Mahasiswa (PBM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Wadiah Yad Dhamanah, Program Bisnis Mahasiswa (PBM).
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Karomatul Laela sdri
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:16
Last Modified: 04 Jul 2023 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item