Pengaruh Religiusitas, Lifestyle dan Impulsive Buying terhadap Keputusan Pembelian pada Metode Pembayaran Shopee Paylater (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Nadea, Putri Precila (2023) Pengaruh Religiusitas, Lifestyle dan Impulsive Buying terhadap Keputusan Pembelian pada Metode Pembayaran Shopee Paylater (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NADEA PUTRI PRECILA_PENGARUH RELIGIUSITAS, LIFESTYLE DAN IMPULSIVE BUYING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA METODE PEMBAYARAN SHOPEE PAYLATER (STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat telah membawa perubahan yang signifikan terhadap sistem pembayaran. Shopee Paylater merupakan sistem pembayaran “bayar nanti” yang disediakan oleh Shopee untuk memanjakan penggunanya. Namun metode pembayaran Paylater ini memiliki beberapa dampak negatif seperti adanya tambahan biaya cicilan, denda keterlambatan, semakin mendorong perilaku konsumtif, serta pembelian secara spontan tanpa mempertimbangkan akibat. Hal ini akan menyebabkan perubahan pada tingkat religiusitas dan gaya hidup individu, serta perilaku impulsive buying yang sering kali tidak disadari. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian pada metode pembayaran Shopee Paylater; (2) Pengaruh lifestyle terhadap keputusan pembelian pada metode pembayaran Shopee Paylater; (3) Pengaruh impulsive buying terhadap keputusan pembelian pada metode pembayaran Shopee Paylater; (4) Pengaruh religiusitas, lifestyle dan impulsive buying terhadap keputusan pembelian pada metode pembayaran Shopee Paylater. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel religiusitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada metode pembayaran Shopee Paylater; (2) Variabel lifestyle secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada metode pembayaran Shopee Paylater; (3) Variabel impulsive buying secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada metode pembayaran Shopee Paylater (4) Variabel religiusitas, lifestyle dan impulsive buying secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada metode pembayaran Shopee Paylater Kata kunci : Religiusitas, Lifestyle, Impulsive Buying, Keputusan Pembelian, dan Shopee Paylater

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Lifestyle, Impulsive Buying, Keputusan Pembelian, dan Shopee Paylater
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NADEA PUTRI PRECILA sdri
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:09
Last Modified: 04 Jul 2023 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19974

Actions (login required)

View Item View Item