PENGARUH TRUST, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PSIKOGRAFIS, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU BERTRANSAKSI PERSPEKTIF KONSUMSI ISLAM (STUDI PADA PASAR MANIS PURWOKERTO SEBAGAI PILOT PROJECT PENERAPAN QRIS DI BANYUMAS)

Wulan, Khurnia (2023) PENGARUH TRUST, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PSIKOGRAFIS, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU BERTRANSAKSI PERSPEKTIF KONSUMSI ISLAM (STUDI PADA PASAR MANIS PURWOKERTO SEBAGAI PILOT PROJECT PENERAPAN QRIS DI BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Wulan Khurnia_Pengaruh Trust,Kemudahan Penggunaan,Psikografis,dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Bertransaksi Perspektif Konsumsi Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi membuat preferensi dan kebiasaan mayoritas masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran berubah secara bertahap. Transaksi nontunai mulai diberlakukan di pasar sebagai pilot project yang terus didorong oleh pemerintah untuk menerapkan pembayaran secara nontunai dengan harapan dapat meningkatkan daya saing pasar tradisional. Penggunaan QRIS sebagai alternatif pembayaran nontunai di pasar rakyat merupakan hal baru dan masih menjadi kekhawatiran dalam masyarakat lantaran masih banyak yang belum paham mekanisme operasional dan kemudahan penggunaannya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh trust, kemudahan penggunaan, psikografis, dan literasi keuangan terhadap perilaku bertransaksi masyarakat di Pasar Manis Purwokerto yang ditinjau dari sisi perspektif konsumsi Islam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau pengunjung Pasar Manis Purwokerto yang pernah bertransaksi menggunakan QRIS. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 orang sebagai responden. Alat uji yang digunakan adalah SmartPLS 3.0 dengan metode analisis PLS-SEM (Partial Least Squares-Structural Equation Modelling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trust berpengaruh terhadap perilaku bertransaksi. Psikografis berpengaruh terhadap perilaku bertransaksi. Dan variabel literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku bertransaksi. Sedangkan hipotesis yang ditolak yaitu kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap perilaku bertransaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: QRIS, Trust, Kemudahan Penggunaan, Psikografis, Literasi Keuangan, Perilaku Bertransaksi
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wulan Khurnia sdr
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:07
Last Modified: 04 Jul 2023 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19973

Actions (login required)

View Item View Item