LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH OLEH PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DI KABUPATEN BANYUMAS

Shinta, Wakhidah (2023) LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH OLEH PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Shinta Wakhiah 1917202069.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Literasi keuangan syariah merupakan suatu tingkat pengetahuan, kemampuan, sikap dan kepercayaan pelaku usaha mengenai keuangan atau proses seseorang dalam mengelola keuangan dan memahami produk serta layanan jasa keuangan syariah. Untuk mendukung pertumbuhnya literasi perlu memiliki pengetahuan yang tinggi dan memberikan pemahaman tentang mengelola uang dan peluang bagi pelaku usaha, agar bisa menentukan dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan pribadinya, dan terhindar dari aktivitas investasi pada instrumen keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dasar keuangan, kemampuan mengelola keuangan, sikap keuangan dan kepercayaan diri terhadap penggunaan jasa perbankan syariah. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi Usaha Mikro dan Kecil di Kabupaten Banyumas. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan teknik non probability sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengaruh pengetahuan dasar keuangan, sikap keuangan dan kepercayaan diri secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan jasa perbankan syariah. Namun, terdapat satu variabel yang tidak berpengruh terhadap penggunaan jasa perbankan syariah yaitu kemampuan mengelola keuangan. Sedangkan secara simultan pengetahuan dasar keuangan, kemampuan mengelola keuangan, sikap keuangan dan kepercayaan diri berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan jasa perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Usaha Mikro dan Kecil, Penggunaan Jasa Perbankan Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
800 Literature and rhetoric > 809 Literary history and criticism
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Shinta Wakhidah sdri
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:18
Last Modified: 04 Jul 2023 06:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19967

Actions (login required)

View Item View Item