PELAKSANAAN TERA DAN TERA ULANG TIMBANGAN TERHADAP UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PASAR SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS)

Candra, Wahyuningsih (2023) PELAKSANAAN TERA DAN TERA ULANG TIMBANGAN TERHADAP UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PASAR SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
CANDRA WAHYUNINGSIH_PELAKSANAAN TERA DAN TERA ULANG TIMBANGAN TERHADAP UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PASAR SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupannya, manusia pasti akan melakukan kegiatan ekonomi jual beli. Hampir setiap transaksi jual beli menggunakan media alat ukur. Alat ukur yang digunakan juga harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Tera dan tera ulang memiliki peran yang penting dalam mewujudkan hal tersebut. Pelaksanaan tera dan tera ulang berlandaskan pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 Tentang Metrologi Legal bahwa untuk melindungi kepentingan umum melalui jaminan kebenaran hasil pengukuran terhadap penggunaan alat ukur, timbang,takar dan perlengkapannya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Pasar Sumpiuh dimana pengelola Pasar Sumpiuh, pedagang Pasar Sumpiuh dan Pegawai Badan Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas sebagai informan. Sedangkan objek penelitian yaitu pelaksanaan tera dan tera ulang timbangan terhadap upaya perlindungan konsumen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan tera dan tera ulang timbangan di Pasar Sumpiuh terhadap upaya perlindungan konsumen belum berjalan dengan baik sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Metrologi Legal. Tera dan tera ulang sacara rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali tanpa adanya pengawasan dan penyuluhan tentang kemetrologian. Namun dalam keikutsertaan tera dan tera ulang timbangan, pedagang mengutamakan kepuasan konsumen agar konsumen tidak kecewa dan berharap dapat kembali membeli dagangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tera dan Tera Ulang, Perlindungan Konsumen, Metrologi Legal
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Candra Wahyuningsih sdri
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:02
Last Modified: 04 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19964

Actions (login required)

View Item View Item