NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM TRADISI NGUPATI DI DESA NUSAJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP

Oktiawati, Oktiawati (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TAUHID DALAM TRADISI NGUPATI DI DESA NUSAJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Oktiawati_Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Tradisi Ngupati Di Desa Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK : Dalam masyarakat modern tradisi ngupati mulai ditinggalkan. Sehingga dibutuhkannya pemahaman bahwa tradisi ngupati bukanlah sesuatu yang menimbulkan kemadharatan, melainkan doktrin wahyu yang diimplementasikan dalam masyarakat dan ditafsirkan dengan logika serta diproduksi sepanjang zaman untuk mengukuhkan kebenaran wahyu ilahi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan tauhid dalam tradisi ngupati. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Lokasi yang diteliti adalah Desa Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap dengan subjek penelitian meliputi tokoh agama, tokoh masyarakat, dukun bayi, pelaku tradisi, dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian tentang Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid dalam Tradisi ngupati di Desa Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap, yaitu: 1) Nilai-nilai pendidikan tauhid dalam tradisi ngupati mengandung nilai ilahiyah dan nilai insaniyah perlu adanya sosialisai kepada masyarakat akan pentingnya ritual tobatan dengan membaca tawasul, doa keselamatan dan sapu jagad, bersilaturahmi dan bersedekah yang mana akan mendapatkan kebahagiaan hidup dunia akhirat, menolak bala, serta sebagai rasa syukur akan ditiupkannya ruh oleh Allah. 2) Implikasi nilai-nilai pendidikan tauhid dalam tradisi ngupati dalam kehidupan masyarakat diperlukan kerjasama antara tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat sehingga akan terpenuhinya kebutuhan spiritual, harmonisasi kemasyarakatan, dan terlestarinya budaya leluhur. 3) Aktualisasi nilai-nilai pendidikan tauhid dalam tradisi ngupati meliputi materi pendidikan tauhid berbasis local wisdom, model edukasi keagamaan holistic yang perlu diperkenalkan dan dikembangkan kepada masyarakat dan penanaman nilai-nilai pendidikan tauhid dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa Madrasah Tsanawiyah kelas IX dengan kompetensi inti “menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya” serta kompetensi dasar “menghayati nilai-nilai tauhid dan kearifan lokal dari berbagai suku di Indonesia dan menganalisis nilai-nilai tauhid dan kearifan lokal dari berbagai suku di Indonesia”. Kata Kunci : Nilai-Nilai, Pendidikan Tauhid, Tradisi Ngupati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, pendidikan tauhid, tradisi ngupati
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind
100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind > 124 Teleology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Oktiawati Oktiawati sdri
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:00
Last Modified: 04 Jul 2023 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19962

Actions (login required)

View Item View Item