PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN PEMBAYARAN DOMPET DIGITAL DAN FOOD DELIVERY SERVICE TERHADAP PENINGKATAN OMSET PADA UMKM KULINER DI KECAMATAN PURWOKERTO UTARA

Chotib Bagus, Adji Purwoko (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN PEMBAYARAN DOMPET DIGITAL DAN FOOD DELIVERY SERVICE TERHADAP PENINGKATAN OMSET PADA UMKM KULINER DI KECAMATAN PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Chotib Bagus A.P_Pengaruh Penggunaan Layanan Pembayaran Dompet Digital Dan Food Delivery Service Terhadap Peningkatan Omset Pada UMKM Kuliner Di Kecamatan Purwokerto Utara.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan layanan pembayaran dompet digital dan food delivery service terhadap peningkatan omset pada UMKM kuliner di Kecamatan Purwokerto Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling pada 32 responden yang merupakan pemilik atau pengelola usaha UMKM kuliner di Kecamatan Purwokerto Utara. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan pembayaran dompet digital dan food delivery service berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan omset pada UMKM kuliner di Kecamatan Purwokerto Utara. Nilai F simultan sebesar 25,696 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen pada tingkat signifikansi α = 0,05. Selain itu, koefisien determinasi menunjukkan bahwa 63,9% dari variasi peningkatan omset dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yang digunakan dalam model regresi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pelaku usaha UMKM kuliner di Kecamatan Purwokerto Utara untuk memanfaatkan layanan pembayaran dompet digital dan food delivery service sebagai strategi dalam meningkatkan omset usaha. Selain itu, peneliti selanjutnya disarankan untuk melanjutkan penelitian dengan mengembangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi peningkatan omset pada UMKM kuliner di Kecamatan Purwokerto Utara, seperti faktor ekonomi, sosial, dan budaya. kata kunci: layanan pembayaran dompet digital, food delivery service, peningkatan omset, UMKM kuliner, kecamatan Purwokerto Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan pembayaran dompet digital, food delivery service, peningkatan omset, UMKM kuliner, kecamatan Purwokerto Utara.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Chotib Bagus Adji Purwoko sdr
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:46
Last Modified: 03 Jul 2023 07:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19954

Actions (login required)

View Item View Item