MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER ASWAJA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Kasus Pada MTs Hasyim Asy'ari Bojong Kabupaten Tegal)

Lauzi Dinar, Al Fasya (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER ASWAJA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Kasus Pada MTs Hasyim Asy'ari Bojong Kabupaten Tegal). Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LAUZI DINAR_MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER ASAWAJA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Kasus Pada MTs Hasyim Asy'ari Bojong Kabupaten Tegal).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini di latar belakangi maraknya globalisasi khususnya di Indonesia, sehingga tidak menutup kemungkinan munculnya kelompok yang radikal. Upaya yang dilakukan untuk mencegah maraknya kelompok radikal yaitu dengan pendidikan karakter melalui pelajaran ke Aswajaan atau ke NU an. Siswa perlu dibekali dengan pemahaman agar dapat meningkatkan keimanan kepada Allah, berakhlaqul karimah, tetap berpikir kritis terhadap keragaman sosial keagamaan serta memperkokoh sifat nasionalisme. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa fungsi manajemen yang diterapkan di MTs Hasyim Asy’ari Bojong Kabupaten Tegal yaitu (1) Perencanaan pendidikan karakter aswaja dilakukan secara terstruktur dan terprogram sebagaimana yang telah ditetapkan dalam kalender pendidikan maupun program madrasah; (2) Pengorganisasian pendidikan karakter aswaja dilakukan dengan cara seluruh guru ikut berperan dalam memberikan pendidikan karakter dan memberikan teladan kepada peserta didik, sedangkan penanggung jawabnya dipilih oleh Kepala Madrasah sesuai dengan kemampuan di bidang Ke-Nu-An; (3) Pelaksanaan pendidikan karakter aswaja dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter aswaja yang telah direncanakan dan di integrasikan kedalam kegiatan sehari-hari yang berupa pembiasaan dan keteladanan; (3) Evaluasi pendidikan karakter aswaja dilakukan melalui evaluasi program, evaluasi proses, dan evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Aswaja
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAUZI DINAR AL FASYA sdr
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:17
Last Modified: 03 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19934

Actions (login required)

View Item View Item