INTERNALISASI NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Anissa, Noviani (2023) INTERNALISASI NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Anissa Noviani_Internalisasi Nilai Karakter Cinta Tanah Air dalam Kegiatan Keagamaan di SMA Negeri 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Urgensi internalisasi nilai karakter cinta tanah air terutama dalam pendidikan formal dimana masyarakat menaruh harapan besar guna mengembangkan nilai-nilai karakter di lingkungan sekolah, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang internalisasi nilai karakter cinta tanah air dalam kegiatan keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SMA Negeri 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai internalisasi nilai karakter cinta tanah air dalam kegiatan keagamaan di SMA Negeri 1 Ajibarang dilaksanakan melalui strategi keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, dan kedisiplinan. Sedangkan, tahapan yang digunakan, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai. Faktor pendukung dalam internalisasi nilai karakter cinta tanah air dalam kegiatan keagamaan meliputi: Sarana prasarana yang memadai, pemateri dan pembimbing yang berkualitas, target yang jelas, dan disiplin waktu. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: kemajuan teknologi, kemalasan siswa, dan adaptasi siswa yang lambat. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Karakter Cinta Tanah Air, Kegiatan Keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Karakter Cinta Tanah Air, Kegiatan Keagamaan.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anissa Noviani sdri
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:57
Last Modified: 03 Jul 2023 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19924

Actions (login required)

View Item View Item