STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT, INFAQ, SHODAQOH DALAM MEWUJUDKAN PILAR EKONOMI PADA PROGRAM INDIKATOR KINERJA AKSI LAYANAN (IKAL) DI LAZISMU KANTOR LAYANAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP

Thina, Marfia (2023) STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT, INFAQ, SHODAQOH DALAM MEWUJUDKAN PILAR EKONOMI PADA PROGRAM INDIKATOR KINERJA AKSI LAYANAN (IKAL) DI LAZISMU KANTOR LAYANAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Thina Marfia_Strategi Fundraising Dana Zakat, Infaq, Shodaqoh Dalam Mewujudkan Pilar Ekonomi Pada Program Indikator Kinerja Aksi Layanan (IKAL) Di LAZISMU Kantor Layanan Majenang Kabupaten Cilacap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses fundraising merupakan proses pengumpulan dana atau penghimpunan dana. LAZISMU atau Lembaga Amil Zakat, Infaq, Shodaqoh Muhammadiyah ialah salah satu lembaga zakat tingkat nasional yang ada di Indonesia. LAZISMU Kantor Layanan Majenang ialah salah satu kantor layanan yang ada di Majenang di bawah Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang berdiri pada tahun 2012. LAZISMU Kantor Layanan Majenang melakukan strategi fundraising antara lain Kencleng, Jemput Dana ZIS, GowesMu dan Pengajian Taman Kota, Infaq Jum’at dari Masjid, AUM (Amal Usaha Muhammadiyah), serta setiap ada kegiatan Muhammadiyah maka LAZISMU masuk kedalamnya untuk bersosialisasi terkait program LAZISMU serta menghimpun dana ZIS. LAZISMU Kantor Layanan Majenang menyalurkan dana ZIS melalui program Indikator Kinerja Aksi Layanan (IKAL) Kantor Layanan LAZISMU yang berisi pilar ekonomi, pendidikan, kesehatan, dakwah, sosial kemanusiaan, program rutin, serta kelembagaan. Penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi fundraising dana zakat, infaq, shodaqoh dalam mewujudkan pilar ekonomi pada program Indikator Kinerja Aksi Layanan (IKAL) di LAZISMU Kantor Layanan Majenang. Teknik prngumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi berupa foto LAZISMU Kantor Layanan Majenang dan penerima program IKAL. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi fundraising LAZISMU Kantor Layanan Majenang dapat mewujudkan pilar ekonomi pada program Indikator Kinerja Aksi Layanan (IKAL) Kantor Layanan LAZISMU. Semua program sudah berjalan namun ada kendala pada program peternakan masyarakat madani. Selain itu, penerima program pilar ekonomi ikut berkontribusi kepada LAZISMU Kantor Layanan Majenang yaitu dengan menjalankan strategi fundraising berupa Kencleng dan Jemput Dana ZIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Fundraising, Dana ZIS, LAZISMU
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.1406 Manajemen Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Thina Marfia sdr
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:22
Last Modified: 03 Jul 2023 01:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19906

Actions (login required)

View Item View Item