Internlaisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kegiatan Sabtu Kliwonan di Desa Datar Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang

Fina, millati syafa'ah (2023) Internlaisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kegiatan Sabtu Kliwonan di Desa Datar Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fina Millati S_Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai pendidikan Islam adalah sesuatu yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap insan, Dengan memiliki nilai pendidikan Islam tersebut, seseorang akan bertambah keimanan, meningkatkan kualitas ketakwaan seseorang kepada Allah, serta mementingkan dalam akhlaknya, baik dengan Allah, diri sendiri dan masyarakat. Oleh karena itu sangat diperlukan nilai-nilai pendidikan Islam itu dimiliki oleh manusia. Diantara upaya-upaya yang dilakukan untuk penanaman nilai-nilai pendidikan Islam adalah kegiatan Sabtu Kliwonan. Dalam mencapai tujuannya, peneitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif studi kasus, yang mana bertujualn untuk mempelaljalri secalral mendallalm terhalsalp sualtu individu, kelompok, lembalgal altalu malsyalralkalt tertentu, tentalng laltalr belalkalng, kealdalaln seseoralng altalu interalksi yalng terjaldi dan untuk menemukaln sualtu malknal, menyelidiki proses paldal situalsi yalng sedalng berjallaln, daln memperoleh terkalit pemalhalmaln daln pengertialn yalng mendallalm paldal situalsi tertentu. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh data temuan bahwa: (1) menurut peneliti ada 3 nilai yang terkandung dalam kegiatan Sabtu Kliwonan: Pertama, Nilai Aqidah. Kedua, Nilai Ibadah. Ketiga, Nilai Akhlak; (2) ada tiga tahap dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan Sabtu Kliwonan yaitu tahap transformasi nilai atau Knowing the good dengan melalui penyampaian ceramah oleh tokoh agama, kemudian tahap transaksi nilai atau feeling the good dengan melalui ceramah dan juga keteladanan dari para tokoh agama, dan tahap terakhir adalah tahap trans internalisasi atau action the good dengan keteladanan para tokoh agama dan juga pembiasaan yang ada dalam kegiatan Sabtu Kliwonan; (3) terdapat lima metode yang digunakan dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam yaitu metode ceramah, Metode keteladanan, Metode cerita, Metode dialog, dan Metode pembiasaan, melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan yang dilakukan dalam kegiatan Sabtu Kliwonan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Islam, Kegiatan Sabtu Kliwonan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FINA MILATI SYAFA'AH sdri
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:45
Last Modified: 27 Jun 2023 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19904

Actions (login required)

View Item View Item