EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI RUANGGURU TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Dewi, Ariyanti (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI RUANGGURU TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DEWI ARIYANTI_EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI RUANGGURU TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan pemecahan matematis siswa yang rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pendahuluan dengan rata-rata nilai 43,77 yang dilakukan dengan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ajibarang. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perlu dilakukan pembaharuan pada model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran yang digunakan hendaknya dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat dikolaborasikan dengan perkembangan teknologi. Dengan hal itu pembelajaran akan menarik dan mendukung proses pembelajaran siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi ruangguru terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (quasy-experimental design) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ajibarang dan sampel yang digunakan diambil dengan teknik simple random sampling dan hasil sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VIII A (sebagai kelas kontrol) dan kelas VIII B (sebagai kelas eksperimen) yang berjumlah 64 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa tes uraian yang terdiri dari pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikenai model problem based learning berbantuan aplikasi ruangguru lebih dari yang tidak dikenai model pembelajaran yakni dilihat dari uji t dua sampel independen dengan hasil signifikansi 0.000 ≤ 0.05 maka ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi ruangguru dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan diperoleh hasil rata-rata uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 60,96% dengan tafsiran cukup efektif dan kelas kontrol sebesar 20% dengan tafsiran tidak efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Ruangguru, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dewi Ariyanti sdri
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:36
Last Modified: 27 Jun 2023 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19898

Actions (login required)

View Item View Item