IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada KSPPS BMT Al-Amin Gombong Kebumen)

Erin, Afrelia (2023) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada KSPPS BMT Al-Amin Gombong Kebumen). Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Syaifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Erin Afrelia.1617201013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab sosial (corporate social responbility) merujuk pada kewajiban-kewajiban sebuah organisasi untuk melindungi dan memberikan kontribusinya kepada masyarakat dimana ia berasal. Masyarakat yang ada di sekitar perusahaan pada dasarnya merupakan pihak yang perlu mendapat apresiasi. Apresiasi ini dapat diwujudkan dalam bentuk bantuan sosial maupun bantuan lainnya terkait dengan bidang pendidikan, bidang kesehatan dan sarana prasarana yang ada di masyarakat. Dimana dunia usaha yang tidak mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat dianggap sebagai bentuk ketidakberhasilan usaha, namun sebaliknya jika ia mampu memberikan kontribusinya kepada masyarakat dimana perusahaan tersebut berada maka ia dianggap telah berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh corporate social responbility KSPPS BMT Al-Amin Gombong Kebumen terhadap kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap Kepala Divisi Baitul Maal KSPPS BMT Al-Amin Gombong Kebumen dan orang-orang yang menerima program CSR KSPPS BMT Al-Amin Gombong Kebumen. Dan dokumentasi yang diambil dari sumber catatan yang berkaitan dengan CSR KSPPS BMT Al-Amin Gombong Kebumen. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa program corporate social responbility KSPPS BMT Al-Amin Gombong Kebumen berpengaruh trhadap kesejahteraan masyarakat. Hal ini dilihat dari program yang telah diberikan yaitu bantuan langsung tunai, pembagian bingkisan menjelang hari raya, kegiatan sosial, bantuan pendidikan, kesehatan, keagamaan dan pembangunan fasilitas umum di masjid-masjid sekitar perusahaan. Meskipun disisi lain program yang diberikan bersifat konsumtif, namun program CSR KSPPS BMT Al-Amin Gombong Kebumen telah memenuhi indkator kesejahteraan masyarakat. Seperti kependudukan, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: tanggungjawab sosial, perusahaan, kesejahteraan masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Erin Afrelia sdri
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:48
Last Modified: 27 Jun 2023 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item