ANALISIS NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERIES FILM IMAM SYAFI’I KARYA SHERINE QASSEM EPISODE 1-11

Tahrom, Tahrom (2023) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SERIES FILM IMAM SYAFI’I KARYA SHERINE QASSEM EPISODE 1-11. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tahrom_Analisis Nilai Pendidikan Islam dalam Series Film Imam Syafi'i karya Sherine Qassem Episode 1-11.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masa sekarang banyak masyarakat yang lebih condong kepada film-film yang bergenre fiksi baik romantis, horor dan hiburan-hiburan belaka. Masyarakat juga mulai mengesampingkan film-film zaman dahulu seperti dokumenter sejarah, salah satu penyebabnya ialah adanya film-film yang lebih modern dan canggih, padahal film zaman dahulu memiliki nilai sejarah dan pendidikan yang menarik untuk kita ketahui seperti film Imam Syafi’i. Film ini merupakan film dokumenter sejarah yang kaya akan nilai edukasi Islam, dengan adanya film ini dapat membantu orangtua maupun pendidik dalam mengenalkan nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam series film Imam Syafi’i karya Sherine Qassem Episode 1-11. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu video film Imam Syafi’i karya Sherine Qassem. Sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal, literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah content analysis. Hasil peneltian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Imam Syafi’i karya Sherine Qassem Episode 1-11 mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yaitu: Nilai i’tiqodiyah pada film Imam Syafi’i karya Sherine Qassem meliputi: illahiyat (tawakal ilalallah dan taqarub ilallah, sabar dan syukur, ikhlas dan istighfar), nubuwat (berpegang pada sunnah Rasul), ruhaniyyat (ilmu nujum dan mimpi), sam’iyyat (sakaratul maut). Nilai khuluqiyah pada film Imam Syafi’i karya Sherine Qassem meliputi: akhlak terhadap Allah (berdo’a), akhlak terhadap makhluk (akhlak terhadap tamu, akhlak terhadap anak dan orang tua, akhlak, akhlak terhadap guru, akhlak terhadap muslim dan non muslim, akhlak terhadap ilmu dan ahli ilmu, akhlak terhadap rasul dan sahabat, dan akhlak terhadap diri sendiri). Dan nilai amaliyah pada film Imam Syafi’i karya Sherine Qassem meliputi: ibadah dan muammalah, Adapun ibadah dibagi menjadi, ibadah mahdah (shalat, puasa, sujud syahwi, haji, zakat harta), ibadah ghairu mahdah (mempelajari bahasa Arab, belajar dan membaca Al Qur’an dan berdzikir). Muammalah (hukum wakaf, ihyaul mawat, sadaqah dan hadiah, mahar dan pajak). Selain itu film ini juga sejalan dengan tujuan dan manfaat film dalam UU RI nomor 33 tahun 2009 pasal 3 tentang perfilman dan film ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Nilai, Pendidikan Islam, Film, Imam Syafi’i
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tahrom Tahrom
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:31
Last Modified: 27 Jun 2023 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19892

Actions (login required)

View Item View Item