Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PAI di Kelas IX SMP N 3 Jeruklegi Cilacap

Desti Dwi, Safitri (2023) Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PAI di Kelas IX SMP N 3 Jeruklegi Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Desti Dwi Safitri_ Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PAI di Kelas IX SMP N 3 Jeruklegi Cilacap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada pembelajaran PAI di kelas IX SMP N 3 Jeruklegi. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Untuk subjek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa kelas IX. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada pembelajaran PAI di kelas IX SMP N 3 Jeruklegi dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) tahap perencanaan: membuat silabus, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT), program tahunan, program semester, model atau media pembelajaran, 2) tahap pelaksanaan: guru memberikan beberapa permasalahan yang nantinya akan menjadi bahan diskusi lalu siswa diberi kebebasan untuk menentukan nilai-nilai yang akan mereka ambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, 3) tahap evaluasi: melalui tes tertulis maupun lisan keberhasilan penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dikelas, melatih percaya diri dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran meningkat. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Value Clarification Technique (VCT), Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Value Clarification Technique (VCT), Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Depositing User: Desti Dwi Safitri sdri
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:56
Last Modified: 26 Jun 2023 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item