Manajemen pembelajaran bahasa arab di smp negeri 2 kertanegara kabupaten purbalingga

Denis, Suryaningsih (2023) Manajemen pembelajaran bahasa arab di smp negeri 2 kertanegara kabupaten purbalingga. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Denis Suryaningsih 1917401028 (MPI).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab merupakan sebuah proses yang dilakukan antara pendidik dan peserta didik baik di kelas maupun di luar kelas agar siswa mampu menguasai empat maharah dalam bahasa arab. Manajemen pembelajaran bahasa arab merupakan sarana atau wasilah agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Manajemen pembelajaran bahasa arab mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan evaluasi. Semua didesain agar efektif dan efisien. Partisipasi seorang pendidik sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran bahasa arab bagi peserta didik di SMP N 2 Kertanegara Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui tahapan wawancara, observasi dan dokumentasi saat penelitian. Teknis analisis data, reduksi data, penyajian, keabsahan data dan kesimpulan. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam manajemen pembelajaran bahasa arab di SMP N 2 Kertanegara sebagai berikut: Tahap perencanaan, sekolah melakukan rapat terlebih dahulu mengenai pembelajaran bahasa arab untuk kemudian mendapatkan hasil rapat dengan langkah perencanaan yaitu pertama, menentukan alokasi waktu dan minggu efektif, kemudian kedua yaitu menyusun program tahunan, ketiga menyusun program semester, keempat membuat silabus pembelajaran dan langkah terakhir dalam proses perencanaan yaitu menyusun RPP. Pada tahap pengorganisasian, pembelajaran bahasa arab menggunakan media sesuai kesepakatan guru dengan peserta didik, media yang digunakan yaitu media gambar. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran bahasa arab sudah sistematis mulai dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan sebelum guru menjelaskan materi, kemudian kegiatan inti dimsana guru menjelaskan materi, selanjutnya evaluasi dan penutup. Pada tahap evaluasi pembelajaran bahasa Arab ada dua yaitu sistem evaluasi guru dan sistem evaluasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Denis Suryaningsih sdri
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:20
Last Modified: 26 Jun 2023 04:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19871

Actions (login required)

View Item View Item