MANAJEMEN MAJELIS TA'LIM AMANAH DALAM MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN KEAGAMAAN DI DESA PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS

Tri Ifa'iyah, Hidayatika (2023) MANAJEMEN MAJELIS TA'LIM AMANAH DALAM MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN KEAGAMAAN DI DESA PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tri Ifa'iyah Hidayatika_Manajemen Majelis Ta'lim Dalam Mengembangkan Pengetahuan Keagamaan Di Desa Pageraji Cilongok Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan sesuatu yang penting dalam organisasi. salah satunya Majelis Ta'lim yang membutuhkan manajemen. Majelis Ta'lim Amanah merupakan salah satu Majelis Ta'lim yang memiliki banyak anggota di dalamnya, dengan adanya hal tersebut maka dibutuhkan manajemen dalam mengattur organisasi tersebut. Berdasarkan hal tersebut peniliti melakukan penelitian terkait Manajemen Majelis Ta'lim Amanah dalam mengembangkan pengetahuan keagamaan di desa Pageraji Kecamata Cilongok Banyumas. metode yang digunakan dalam peneliti ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan studi dokumentasi. Aspek yang diteliti yaitu Manajemen Majelis Ta'lim. Hasil penelitian menunjukan bahwa mulai dari planning (perencanaan) organizing (pengorganisasian) Actuating (Penggerakan) hingga Controling (pengawasan) pada majelis ta'lim Amanah dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan anggota dan masyarakat sekitar sudah berjalan dengan baik, terbukti dari fakta dilapangan, adanya perubahan perilaku kearah yang lebih baik. Semua pengelolaannya di atur dengan sistematis, pengurus serta divisi yang bertugas sudah menjalankan tanggung jawabnya sesuai keahliannya masing-masing. kegiatan pada Majelis Ta'lim Amanah dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan yaitu adanya pengajian, pembacaan yasin dan tahlil serta sholat berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Majelis Ta'lim, Pengembangan Keagamaan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Tri IFA'IYAH HIDAYATIKA sdri
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:22
Last Modified: 26 Jun 2023 06:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19863

Actions (login required)

View Item View Item