IMPLIKASI INOVASI KUALITAS PRODUK PEGADAIAN PADA MINAT INVESTASI GENERASI MILENIAL (STUDI KASUS PT PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO)

Zakkiyatul, Vikriyah (2023) IMPLIKASI INOVASI KUALITAS PRODUK PEGADAIAN PADA MINAT INVESTASI GENERASI MILENIAL (STUDI KASUS PT PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zakkiyatul Vikriyah_IMPLIKASI INOVASI KUALITAS PRODUK PEGADAIAN PADA MINAT INVESTASI GENERASI MILENIAL (Studi Kasus PT Pegadaian Cabang Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Generasi milenial adalah masyarakat sosial yang melek huruf dan berkemampuan teknologi. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan pelayanan dan strategi yang dilakukan oleh pihak Pegadian Cabang Purwokerto dengan berbagai kemudahan seperti dirilisnya aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) yang ditawarkan ini dapat menarik minat nasabah Generasi Milenial untuk menggunakan jasa dan manfaat layanan yang ada di Pegadaian Cabang Purwokerto, terutama untuk menginvestasikan dananya pada Tabungan Emas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan berlokasi di kantor Pegadaian Purwokerto yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman Nomor 299, Kauman Lama, Purwokerto Lor, Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian adalah Generasi Milenial dan Head Sales Pegadaian Cabang Purwokerto, sedangkan objek penelitian adalah inovasi kualitas produk Pegadaian Cabang Purwokerto. Hasil dari penelitian ini adalah, inovasi kualitas produk yang dilakukan oleh pihak Pegadaian dapat meningkatkan minat generasi milenial untuk berinvestasi melalui produk-produk yang ditawarkan, terutama produk Tabungan Emas. Lebih lanjut lagi, peran Pegadaian Digital Service (PDS) juga sangat penting dalam peningkatan nasabah generasi milenial karna berbagai kemudahan yang ditawarkan sehingga masyarakat lebih mudah untuk menyisishkan pendapatan atau tabungannya untuk berinvestasi. Dibuktikan dengan peningkatan jumlah nasabah pada tahun 2021 sebesar 49,2% dan pada tahun 2022 sebesar 18%, dimana 65%nya didominasi oleh Generasi Milenial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pegadaian, Tabungan Emas, Pegadaian Digital Service, Generasi Milenial
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Zakkiyatul Vikriyah sdri
Date Deposited: 24 Jun 2023 01:32
Last Modified: 24 Jun 2023 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19823

Actions (login required)

View Item View Item