ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO

Fera Putri, Bahari Fernandita (2023) ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fera Putri Bahari Fernandita-Ananlisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa UIN PROF. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan literasi keuangan syariah mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini akan mempertimbangkan tiga aspek penting terkait dengan literasi keuangan syariah mahasiswa, yaitu pengetahuan, perilaku, dan sikap keuangan. Dalam penelitian ini, aspek pengetahuan literasi keuangan syariah, perilaku keuangan, dan sikap keuangan akan diperhatikan secara komprehensif untuk memahami tingkat literasi keuangan syariah di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Dalam penelitian ini, metode kuantitatif digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif berupa angket atau kuisioner untuk pengumpulan data. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data dan memberikan gambaran mengenai tingkat literasi keuangan syariah. Sampel penelitian terdiri dari 116 mahasiswa yang berasal dari 5 fakultas, yaitu Fakultas Dakwah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, serta Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora. Berdasarkan hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa mahasiswa memiliki tingkat literasi keuangan syariah yang sedang secara keseluruhan. Namun, tingkat literasi pengetahuan keuangan syariah tertinggi terdapat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Selain itu, dalam hal perilaku dan sikap keuangan, mahasiswa Fakultas Dakwah menunjukkan perilaku keuangan yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan tingkat literasi keuangan syariah di beberapa fakultas. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk terus meningkatkan literasi keuangan syariah di fakultas-fakultas lain, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa. Dengan meningkatnya literasi keuangan syariah di kalangan mahasiswa, diharapkan dapat membantu mereka dalam mengelola keuangan dengan baik dan mendorong kesadaran akan pentingnya prinsip-prinsip keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Keuangan Syariah, Tingkat Literasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fera Putri Bahari Fenandita sdri
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:13
Last Modified: 23 Jun 2023 06:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19809

Actions (login required)

View Item View Item