ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BANK SYARIAH (STUDI KASUS MASYARAKAT KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS)

Rossiana, Septia Lestari (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BANK SYARIAH (STUDI KASUS MASYARAKAT KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rossiana Septia Lestari_Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selama lima tahun terakhir bank syariah masih memiliki lebih sedikit pelanggan dibandingkan bank konvensional. Pada tahun 2020, bank syariah hanya memiliki 294.680 dari 3.048.484 nasabah perbankan di Kabupaten Banyumas. Hal tersebut menunjukkan jika minat masyarakat Kabupaten Banyumas untuk menabung di bank syariah sangat rendah. Seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Sumbang, terdapat beberapa masyarakat Muslim yang memilih bank konvensional dibandingkan dengan bank syariah. Hal ini terjadi karena mereka masih memiliki kesadaran yang terbatas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan bank syariah. Akan tetapi, masih terdapat banyak di antara mereka yang merasa nyaman ketika bertransaksi ataupun menggunakan jasa bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, promosi, lokasi dan pelayanan terhadap persepsi masyarakat Muslim terhadap keputusan penggunaan jasa bank syariah. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Muslim yang berada di Kecamatan Sumbang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan penyebaran kuisioner terhadap 100 responden melalui metode purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak berupa SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi dan pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan masyarakat Muslim di Kecamatan Sumbang terhadap penggunaan jasa bank syariah. Sedangkan variabel pengetahuan dan lokasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan masyarakat Muslim di Kecamatan Sumbang terhadap penggunaan jasa bank syariah. Berdasarkan uji simultan, variabel pengetahuan, promosi, lokasi dan pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat Muslim di Kecamatan Sumbang terhadap penggunaan jasa bank syariah yang dibuktikan dengan nilai nilai fhitung > ftabel yaitu 38,647 > 2,47 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Promosi, Lokasi, Pelayanan, Keputusan Penggunaan, Jasa Bank Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rossiana Septia Lestari sdri
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:11
Last Modified: 23 Jun 2023 06:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item