IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PPKN DI MI MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Yayah, Fitrianingrum (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PPKN DI MI MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yayah Fitrianingrum_Implementasi Model Pembelajaran CTL Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Mata Pelajaran PPKN di MI Ma'arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran ialah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif di dalam kelas. Model pembelajaran CTL merupakan skema pembelajaran yang telah diterapkan di MI Ma’arif NU 1 Kedungbanteng yang mana diterapkan pada mata pelajaran tematik khususnya PPKn. Model pembelajaran CTL adalah model pembelajaran yang berbasis kontekstual yang mana dalam implementasinya menghubungkan teori yang ada di buku dengan keadaan nyata, sehingga pembelajaran akan lebih bermakna karena siswa mengetahui materi tersebut dengan pengetahuannya sendiri. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti implementasi model pembelajaran CTL dalam mengembangkan karakter peduli sosial siswa melalui mata pelajaran PPKn di MI Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaran CTL dalam membentuk karakter peduli sosial siswa melalui mata pelajaran PPKn di MI Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data penelitian berasal dari kepala sekolah, guru tematik dan siswa. Adapun pengumpulan data dilaksanakan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data, peneliti menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran CTL dalam mengembangkan karakter peduli sosial siswa melalui mata pelajaran PPKn di MI Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas pada pelaksanaan kegiatan terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun dalam pelaksanaan model pembelajaran CTL dalam mengembangkan karakter peduli sosial siswa melalui mata pelajaran PPKn terdiri atas tiga tahap kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dengan merujuk pada beberapa komponen yang terdapat dalam model pembelajaran CTL yaitu konstruktivisme, menemukan, bertanya, pemodelan, masyarakat belajar, refleksi dan penilaian sebenarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Karakter Peduli Sosial, Mata Pelajaran PPKn
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yayah Fitrianingrum sdri
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:10
Last Modified: 23 Jun 2023 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19798

Actions (login required)

View Item View Item