PERAN BADAN PENGAWAS PEMILU (BAWASLU) KABUPATEN BANYUMAS MENCEGAH POLITIK UANG PADA PEMILIHAN UMUM 2019 PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS DI DESA KALIWEDI, KECAMATAN KEBASEN, KABUPATEN BANYUMAS)

Rinaldi Darda, Kuncara (2023) PERAN BADAN PENGAWAS PEMILU (BAWASLU) KABUPATEN BANYUMAS MENCEGAH POLITIK UANG PADA PEMILIHAN UMUM 2019 PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI KASUS DI DESA KALIWEDI, KECAMATAN KEBASEN, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-RINALDI DARDA KUNCARA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.uinsaizu.ac.id

Abstract

Money politik didalam setiap pelaksaan pemilu di indonesia sudah menjadi budaya yang berlaku, tidak hanya di lingkup nasional dilingkup desapun politik uang terjadi. seperti yang telah ditunjukan oleh Bawaslu Propinsi , Bawaslu Kabupaten Banyumas membentuk program desa anti polik uang dengan tujuan mengajak masyarakat untuk mengawasi praktik politik uang yang terjadi dipemilihan umum. penelitian yang dilakukan penulis dengan pendekatan Yuridis-Sosiologis yaitu mempelajari secara komprehensif mengenai latar belakang serta unit sosial tertentu yang bersifat nyata (given). Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. sumber data primer yang digunakan adalah hasil wawancara anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas dan masing-masing para tokoh desa Kaliwedi. Penelitian menunjukan peran pentinya pengawasan dari Bawaslu dalam mencegah money politik yang diejawantahkan dengan Kebijakan dari Bawaslu Kabupaten Banyumas membentuk program desa anti politik uang dengan mengajak masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dan melakukan pengawasan pemilu khususnya dugaan mengenai praktik politik uang. Peran dan Fungsi Bawaslu Kabupaten Kebumen terhadap progam ini sudah cukup baik dari awal perencanaan, deklarasi, sampai dengan ranah pematangan terhadap masyarakat desa. Maslahah al-Mursalaat yaitu apa yang dipandang dengan baik oleh akal, sejalan dengan tujuan syara’ dalam menetapkan hukum, namun tidak ada petunjuk syara’ yang memperhitungkannya dan tidak ada pula petunjuk syara’ yang menolaknya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Bawaslu, Politik Uang, Maslahah Mursalah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 172 Political ethics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Rinaldi Darda Kuncara sdr
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:08
Last Modified: 23 Jun 2023 04:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19797

Actions (login required)

View Item View Item