ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NOMOR 40 TAHUN 2022 TERHADAP JUAL BELI THRIFTING (STUDI PADA JUAL BELI BAJU BEKAS DI PURWOKERTO)

MUHAMMAD, NAUFAL ABYAN (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NOMOR 40 TAHUN 2022 TERHADAP JUAL BELI THRIFTING (STUDI PADA JUAL BELI BAJU BEKAS DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD NAUFAL ABYAN_ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NOMOR 40 TAHUN 2022 TERHADAP JUAL BELI THRIFTING (Studi Pada Jual Beli Baju Bekas Di Purwokerto).pdf

Download (889kB) | Preview

Abstract

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan industry dalam negeri khususnya pakaian dan untuk menjaga pelaku usaha kecil menengah atau UMKM agar tidak kalah dengan usaha barang impor juga mejaga masyarakat dari adanya penyakit yang kemudian akan datang. Dalam penetapan suatu hukum tentu harus melihat kemaslahatannya. Pada penelitian ini, yang menjadi pokok permasalahan yaitu bagaimana praktek kulakan barang thrifring di Purwokerto dan bagaimana pandangan hukum Islam dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 terhadap jual beli thrifting. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan dengan pendekatan penelitian yuridis sosiologis. Sebagian besar data primer di dapatkan dari hasil observasi lapangan dan berhubungan langsung dengan informan yang terkait dalam penelitian. Teknik pengambilan sampel disini menggunakan non random sampling dengan purposive sampling. Sedangkan data sekunder yang didapat dari buku, jurnal, artikel, dan tulisan yang berhungan dengan jual beli pakaian bekas atau thrifting. Pengumpulan yang dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian skripsi ini mendapatkan gambaran praktek jual beli dan kulakan barang thrifting yang sudah memenuhi rukun dan syarat dalam jual beli dengan adanya subjek yang melakuakn jual beli, terdapat sigat yakni ijab dan qabul, terdapat barang yang dijual belikan, dan terdapat nilai tukar pengganti barang atau uang. Sedangan dilihat pada objek barang pakain bekas impor ini tidak diperbolehkan karena telah dilarang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomer 40 Tahun 2022 Tentang Barang Yang Di Larang Impor salah satunya yakni pakaian bekas, dikarenakan barang ini ilegal. Kata Kunci: Jual Beli, Thrifting, Hukum Islam, Peraturan Menteri Perdagangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Thrifting, Hukum Islam, Peraturan Menteri Perdagangan
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.28 Perbandingan Hukum Bidang Muamalat dan Hukum Lain
300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMMAD NAUFAL ABYAN sdr
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:02
Last Modified: 23 Jun 2023 04:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item View Item