KERJA SAMA INTERNASIONAL DALAM UPAYA PENYELIDIKAN KASUS PENCUCIAN UANG EMIRSYAH SATAR PERSPEKTIF SIYASAH DAULIYAH

Estri, Rakhmawati (2023) KERJA SAMA INTERNASIONAL DALAM UPAYA PENYELIDIKAN KASUS PENCUCIAN UANG EMIRSYAH SATAR PERSPEKTIF SIYASAH DAULIYAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Estri Rakhmawati_Kerja Sama Internasional dalam Upaya Penyelidikan Kasus Pencucian Uang Emirsyah Satar Perspektif Siyasah Dauliyah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kasus suap Emirsyah Satar merupakan kasus penyuapan yang diikuti dengan pencucian uang yang melibatkan Indonesia, Inggris dan Singapura. Dalam penyelesaian kedua kasus tersebut, sangatlah diperlukan kerja sama dari kedua negara lain yang terlibat (Inggris dan Singapura) sehingga pelaku dapat dikenakan hukuman. Dalam membangun hubungan internasional baik itu dalam hal kerja sama ekonomi, politik, hukum maupun keamanan dalam Islam didasarkan pada siyasaḥ dauliyaḥ, tidak terkecuali kerja sama internasional yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam penyelidikan kasus pencucian uang Emirsyah Satar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kerja sama internasional yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam penyelidikan kasus pencucian uang Emirsyah Satar dan bagaimana siyasaḥ dauliyaḥ memandang kerja sama internasional tersebut. Penelitian yang digunakan oleh penulis merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan. Selain perpustakaan, penulis juga mengumpulkan data dari jurnal-jurnal ilmiah dan buku elektronik yang didapatkan dari internet. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian berasal dari Undang-Undang dan buku maupun artikel jurnal yang memuat materi terkait. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti berupa pendekatan penelitian normatif-empiris yang berfokus pada pendekatan kasus (case approach) dan menganalisa bagaimana reaksi dan interaksi yang terjadi dalam sistem norma bekerja dalam masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan internet searching. Dalam penelitian ini diambil kesimpulan kerja sama internasional yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam penyelidikan kasus pencucian uang Emirsyah Satar merupakan salah satu langkah yang mutlak diperlukan apabila tindak pidana tersebut telah memasuki wilayah otoritas negara lain. Tanpa adanya kerja sama internasional, upaya menangkap dan menghukum pelaku akan sangat sulit dilakukan. Selain itu, kerja sama internasional yang dilakukan Pemerintah Indonesia dalam upaya pemberantasan tindak pidana pencucian uang hasil korupsi dalam kasus suap Garuda Indonesia telah sesuai dengan hukum Islam karena telah menjalankan dan memenuhi seluruh asas-asas siyasaḥ dauliyaḥ yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Pencucian Uang, Suap Garuda, Siyasaḥ Dauliyaḥ
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
300 Social sciences > 320 Political science > 327 International relations
300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Estri Rakhmawati sdri
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:05
Last Modified: 23 Jun 2023 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19785

Actions (login required)

View Item View Item