PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Akhmad Farhan, Zein (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Akhmad Farhan Zein_Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Shopee Paylater.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di jaman digital yang serba praktis dan mudah ini orang-orang bisa berbelanja kapanpun dan dimanapun dia mau. Bahkan untuk pembayaranya pun tidak harus dengan uang tunai, bisa juga dilakukan dengan non-tunai. Apalagi dengan perkembangan fintech yang sangat pesat seperti halnya muncul fitur paylater atau beli sekarang bayar nanti membuat orang semakin mudah untuk berbelanja online. Berdasarkan survei pendahuluan kepada mahaisiswa FEBI, metode pembayaran mengggunakan Shopee Paylater berada di urutan ke dua setelah metode COD yang menjadi pilihan mahasiswa untuk berbelanja online yaitu sebesar 70,6% sedangkan untuk COD sebesar 73,6%. Dibalik mudah dan praktisnya metode pembayaran paylater sendiri tentu terdapat risiko yang harus ditanggung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 24. Data yang digunakan yaitu data yang diperoleh melalui kuisioner yang diisi oleh mahasiswa FEBI UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Pada data ini menggunakan teknik nonprobability sampling. Metode Non Probability Sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Variabel Kepercayaan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater. Variabel Kemudahan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater. Variabel Risiko tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater. Sedangkan variabel Kepercayaan, Kemudahan, dan Risiko berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,511. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 51,1% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Kemudahan, Risiko, Keputusan Pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Akhmad Farhan Zein sdr
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:33
Last Modified: 22 Jun 2023 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19778

Actions (login required)

View Item View Item