ANALISIS SISTEM PENYALURAN PUPUK SUBSIDI MELALUI PROGRAM KARTU TANI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS: DESA PENOLIH KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA)

Elfi, Lestari (2023) ANALISIS SISTEM PENYALURAN PUPUK SUBSIDI MELALUI PROGRAM KARTU TANI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS: DESA PENOLIH KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Elfi Lestari_Analisis Sistem Penyaluran Pupuk Subsidi Melalui Program Kartu Tani Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Penolih Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada kenyataannya sistem penyaluran pupuk bersubsidi menggunakan program kartu tani tidaklah selalu berjalan lancar. Ada penyimpangan seringkali menghambat pendistribusian pupuk subsidinya. Baik itu alokasi pupuk yang tidak sesuai dengan realitas maupun adanya ketidaksesuaian harga antara yang di kebijakan pemerintah dengan yang di lapangan. Nilai-nilai dalam Islam diharapkan mampu memberi pencerahan terhadap permasalahan duniawi tak terkecuali pada sistem penyaluran pupuk bersubsidi melalui program kartu tani. Hal ini dimaksudkan agar segala aktivitas perekonomian khususnya penyaluran pupuk subsidi menggunakan kartu tani dapat berjalan dengan lancar sehingga bukan hanya keuntungan dunia maupun akhirat. Berdasarkan tujuannya penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan dalam menganalisis data mengacu pada model Milles dan Huberman yang mana terdiri dari reduksi data, penyajian data dan yang ketiga verifikasi data juga penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan bahwa: Pertama, sistem penyaluran pupuk bersubsidi melalui program kartu tani di Desa Penolih Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga menggunakan model saluran distribusi tidak langsung. Yang mana dalam proses penyalurannya melibatkan beberapa pihak seperti produsen, distributor, kios atau pengecer dan kelompok tani atau petani. Di Desa Penolih juga melibatkan pihak pengepul yang mana berasal dari kelompok tani dalam menebus pupuk subsidi menggunakan kartu tani. Kedua, dalam pandangan ekonomi Islam sistem penyaluran pupuk bersubsidi melalui program kartu tani di Desa Penolih sudah menerapkan prinsip-prinsip Islam yaitu dilarangnya unsur riba dan gharar, prinsip kepemilikan, prinsip keadilan, dan dilarangnya menimbun harta. Di sisi lain, penyalur juga sudah menerapkan sikap-sikap khasanah yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Selaras dengan hasil penelitian ini, diharapkan adanya diversifikasi pertanian guna mengubah kebiasaan petani terhadap adanya pupuk subsidi. Mengingat pupuk sekarang yang kian terbatas dan mengurang. Penerapan pertanian berkelanjutan juga memberi peluang bagi petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Penyaluran, Ekonomi Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Elfi Lestari sdri
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:29
Last Modified: 22 Jun 2023 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19777

Actions (login required)

View Item View Item