POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI UNGGUL ANAK USIA DINI MENURUT PERSPEKTIF AYAH EDY

Dhava, Mukhammad Nuruzzaman (2023) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI UNGGUL ANAK USIA DINI MENURUT PERSPEKTIF AYAH EDY. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dhava Mukhammad Nuruzzaman_Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Unggul Anak Usia Dini menurut Perspektif Ayah Edy.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Ikatan antara orang tua dan anak usia dini, maka pola asuh yang baik akan tercipta dengan sikap saling menghormati. Pola asuh demokratis mengajak anak untuk berdiskusi bersama, memuat peraturan-peraturan, selalu menjawab pertanyaan anak dan bersikap toleran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana menahan amarah dan menahan emosi pada saat mendidik anak usia dini, membangun komunikasi efektif antara orang tua dengan anak dan memahami serta memahami potensi unggul anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis). Dalam hal ini peneliti menganalisis pola asuh perspektif Ayah Edy baik melalui teks yaitu berupa buku karya Ayah Edy yang berjudul Mendidik Anak Tanpa Teriakan & Bentakan dan Memetakan Potensi Unggul Anak ataupun melalui media sosial yaitu You Tube dengan nama channel Ayah Edy. Selain itu peneliti menggunakan dokumen-dokumen lain berupa jurnal sebagai sumber data dan kajian pola asuh orang tua terhadap anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka pola asuh orang tua dalam mengembangkan potensi unggul anak usia dini dalam perspektif Ayah Edy adalah yang pertama orang tua dapat mendidik anak usia dini tanpa teriakan dan bentakan melalui manajemen marah. Lalu kedua adalah membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak usia dini. Terakhir adalah orang tua dapat memetakan potensi unggul anak usia dini melalui membuat program stimulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Potensi Unggul, Anak Usia Dini
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dhava Mukhammad Nuruzzaman
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:56
Last Modified: 22 Jun 2023 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19748

Actions (login required)

View Item View Item