TINJAUAN TERHADAP SISTEM LAUNDRY BORONGAN PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH (Studi Kasus di Yayasan Pondok Pesantren Al-Azhary Desa Lesmana, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas)

IFAH, MUKHLISATUN KHASANAH (2023) TINJAUAN TERHADAP SISTEM LAUNDRY BORONGAN PERSPEKTIF FIKIH MUAMALAH (Studi Kasus di Yayasan Pondok Pesantren Al-Azhary Desa Lesmana, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ifah Mukhlisatun Khasanah_Tinjaun Terhadap Sistem Laundry Borongan Perspektif Fikih Muamalah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial saling membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhannya. Hubungan antar manusia memicu terjadinya keterikatan. Melalui keterikatan membuat manusia menjalin sebuah kerja sama. Kerjasama yang dilakukan oleh manusia memberikan pengaruh pada pola kehidupan, kerjasama tersebut yaitu sewa menyewa. Dalam praktiknya sewa menyewa merupakan termasuk transaksi guna pemindahan barang atau jasa dari satu pihak ke pihak yang lain. Salah satu penerapan dari akad ijārah yaitu pada tinjauan terhadap sistem laundry borongan perspektif hukum islam dengan sistem kerjasama yang dilakukan oleh pihak yayasan Al-Azhary dengan mitra laundry dalam bentuk sistem borongan dalam pembayaran satu bulan sekali yang menyebabkan jumlah overloud sehingga menimbulkan kerugian yang tidak sebanding dengan upah yang dibayarkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian guna untuk mengumpulkan data atau informasi berdasarkan data asli yang pada lapangan. Data primer diperoleh melalui wawancara kepada koordinator yayasan Al-Azhary dan mitra laundry. Sedangkan data sekunder berasal dari referensi buku-buku, jurnal, hasil penelitian, dan bahan lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Pendekatan yang digunakan normatif, teknik penelitian menggunaka wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pada tinjauan terhadap sistem laundry borongan perspektif fikih muamalah antara pihak yayasan Al-Azhary dan mitra laundry termasuk dalam akad yang sah dan boleh menurut hukum islam karena telah memenuhi rukun dan syarat pada akad ijārah. Meskipun merasa dirugikan atas jumlah yang overload namun hal tersebut sudah termasuk risiko berdasarkan kesepakatan yang telah disepakti. Kata kunci : Sewa Menyewa, Ijārah, Laudnry, Fikih Muamalah, Akad, Jasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sewa Menyewa, Ijārah, Laundry, Fikih Muamalah, Akad, Jasa
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ifah Mukhlisatun Khasanah sdri
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:32
Last Modified: 22 Jun 2023 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19746

Actions (login required)

View Item View Item