KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (Studi Kasus Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas)

NAFI, GENIA GRASSTAMA (2023) KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (Studi Kasus Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-NAFI GENIA GRASSTAMA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan menjadi salah satu permasalahan yang harus segera dicari solusinya. Pemerintah Indonesia dalam mengatasi permasalahan kemiskinan mulai meluncurkan Program Keluarga Harapan, PKH telah diluncurkan sejak tahun 2007. Dengan tujuan untuk membantu permasalahan warga yang kurang mampu untuk dapat mengakses kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. Maslahah mursalah merupakan tujuan untuk mencari kemaslahatan, tujuan penelitian ini ialah untuk melihat sejauh mana mas}lah}ah yang didapatkan dari Program Keluarga Harapan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengatasi permasalahan masyarakat Indonesia yang kurang mampu. Penelitian merupakan jenis penelitian lapangan (field research), peneltiian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yakni dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pengawas PKH dan kepada masyarakat yang menerima bantuan PKH. Adapun sumber data primer penelitian ini ialah didapatkan dari informasi yang diberikan oleh pengawas PKH dan masyarakat penerima PKH. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini ialah masyarakat penerima PKH merasa terbantu dengan adanya program bantuan ini. Terutama bagi ibu hamil dan anak-anak mendapatkan gizi yang cukup untuk menunjang kesehatan kondisi kehamilan dan tumbuh kembang anak-anak. Selain itu penerima PKH juga merasa terbantu dalam hal pendidikan, anak-anak dapat merasakan belajar di bangku pelajaran selama masa pendidikan wajib yakni selama 12 tahun. Selain itu bagi masyarakat lansia dan disabilitas juga merasa terbantu dengan adanya program ini, dimana mereka mempunyai keterbatasan untuk mencari nafkah dikarenakan permasalahan umur dan permasalahan fisiknya. Dalam tinjauan maslahah mursalah maka segala manfaat yang didapatkan dari adanya program bantuan PKH mendatangkan kemaslahatan bagi banyak pihak, banyak pihak yang merasa terbantu dengan adanya program pemerintah ini. Kata Kunci: PKH, Maslahah Mursalah, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PKH, Maslahah Mursalah, Masyarakat.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 360 Social services; association
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: NAFI GENIA GRASSTAMA sdr
Date Deposited: 27 Jun 2023 06:00
Last Modified: 27 Jun 2023 06:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19744

Actions (login required)

View Item View Item