PENGUATAN KAPASITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI AKSES LAYANAN SOSIAL DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) B YAKUT PURWOKERTO

Akbar, Komaru Annajmi (2023) PENGUATAN KAPASITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI AKSES LAYANAN SOSIAL DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) B YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
AKBAR KOMARU ANNAJMI_1917104019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan dalam bidang pendidikan, yaitu kurangnya kemampuan anak berkebutuhan khusus melalui akses layanan sosial dalam bermasyarakat serta khususnya dalam lingkungan sekolah luar biasa. Sehingga munculah rumusan masalah yaitu Bagaimana proses penguatan kapasitas anak berkebutuhan khusus melalui akses layanan sosial di SLB B Yakut Purwokerto dan Apa hambatan yang dimiliki anak berkebutuhan khusus dalam mengakses layanan sosial di SLB B Yakut Purwokerto. Adapun upaya yang dapat dilakukan yaitu adanya penguatan SDM melalui beberapa pelatihan dan juga melalui pengembangan organisasi disekitar lingkungan sekolah. Tujuannya untuk menguatkan kemampuan kapasitas anak berkebutuhan khusus guna meningkatkan akses layanan sosial disekolah luar biasa, sehingga kemampuan anak khususnya anak difabel dapat meningkat serta berkembang untuk masa depan dan kehidupan bermasyarakat. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian lapangan. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan yang diambil berjumlah 4 orang yaitu kepala sekolah, dewan guru, anak difabel/anak berkebutuhan khusus, dan orang tua anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penguatan kapasitas anak berkebutuhan khusus melalui akses layanan sosial di sekolah luar biasa B YAKUT Purwokerto, dimulai dari, yaitu: tahap pengembangan SDM, pengembangan kapasitas dalam organisasi, pengembangan sikap dan mental dalam organisasi, dan lingkungan organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penguatan kapasitas melalui akses layanan sosial SLB B YAKUT Purwokerto memiliki langkah atau tahapan yang dilakukan yaitu dengan melalui pengembangan SDM, Pengembangan dalam berorganisasi, pengembangan sikap dan mental dalam organisasi, dan melalui lingkungan organisasi. Dalam hal ini sekolah melakukan beberapa pelatihan dan keterampilan seperti mengembangkan Lifeskill melalui organisasi pramuka, dan dokter kita. Ada juga keterampilan lain yaitu memasak, desain grafis, menjahit dan lainnya. dengan adanya kegiatan keterampilan tersebut sekolah luar biasa berusaha memberikan layanan sosial yang maksimal terhadap anak berkebutuhan khusus dalam lingkup pendidikan dan kesehatan. Sehingga anak berkebutuhan bisa meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka dalam mengakses layanan sosial dimasyarakat maupun lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penguatan Kapasitas, Layanan Sosial, Sekolah Luar Biasa
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.16 Stratifikasi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Akbar Komaru Annajmi sdr
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:08
Last Modified: 21 Jun 2023 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item