Studi Komparatif Pandangan Ibnu Rusyd dan Ibnu Hazm Tentang Hukum Sewa Tanah

Imron, Irsad (2023) Studi Komparatif Pandangan Ibnu Rusyd dan Ibnu Hazm Tentang Hukum Sewa Tanah. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Imron Irsad_studi komparatif pandangan Ibnu Rusyd dan Ibnu Hazm tentang hukum sewa tanah.pdf

Download (970kB) | Preview

Abstract

Ijarah adalah akad pemindahan hak guna atas suatu barang atau jasa dalam waktu tertentu melalui pembayaran sewa atau upah tanpa di ikuti dengan pemindahan kepemilikan itu sendiri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan pendapat antara Ibnu Rusyd dan Ibnu Hazm mengenai kebolehan sewa tanah dalam hukum Islam. Ibnu Rusyd berpendapat bahwa sewa tanah dibolehkan dalam Islam dengan tujuan untuk memberikan kelonggaran kepada orang-orang yang akan berusaha atau bekerja dalam rangka untuk mencukupi kebutuhannya. Sedangkan Ibnu Hazm berpendapat bahwa sewa tanah dilarang secara mutlak. Perbedaan pendapat tersebut menjadi hal yang menarik dianalisis secara komparatif. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan berfokus pada rumusan masalah yaitu bagaimana pendapat Ibnu Rusyd dan Ibnu Hazm mengenai sewa tanah dan dalilnya serta bagaimana studi komparatif terhadap pendapat Ibnu Rusyd dan Ibnu Hazm mengenai sewa tanah. Sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji, menganalisis, serta menelaah berbagai buku, kitab, tulisan atau sumber tertulis lainnya yang memiliki relevansi dengan penelitian serta dikelompokkan ke dalam data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Ibnu Rusyd membolehkan sewa tanah dengan biaya ongkos berupa dinar, dirham, atau benda apapun selain yang keluar dari tanah tersebut dengan berdasar pada dalil hadits dari Abu Daud serta metode qiyas. Sedangkan menurut Ibnu Hazm, sewa tanah itu tidak boleh untuk dilakukan karena mengandung resiko yang dapat merugikan salah satu pihak. Adapun studi komparatif dari kedua pendapat tersebut dilakukan dengan berdasar pada metode jam’u wa taufiq untuk mengkompromikan keduanya. Kata Kunci : Sewa Tanah, Ibnu Rusyd, Ibnu Hazm

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sewa Tanah, Ibnu Rusyd, Ibnu Hazm
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.28 Perbandingan Hukum Bidang Muamalat dan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Imron Irsad sdr
Date Deposited: 21 Jun 2023 01:41
Last Modified: 21 Jun 2023 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19733

Actions (login required)

View Item View Item