IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK PADA KEGIATAN HIZBUL WATHAN BANJARMANGU BANJARNEGARA

HENDRAWAN, NUR MARDIYANTO (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK PADA KEGIATAN HIZBUL WATHAN BANJARMANGU BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Hendrawan Nur Mardiyanto_Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Profetik Pada kegiatan Hizbul Wathan banjarmangu, Banjarnegara.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan profetik mempunyai tiga pilar, yaitu nilai transendensi, nilai liberasi dan nilai humanisasi. Ketiga pilar tersebut merupakan sikap seorang muslim hubungannya dengan manusia, lingkungan dan Tuhannya dan sangat penting dalam pendidikan Islam. Oleh karena itu, ketiga pilar tersebut perlu diimplementasikan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan. Peneliti dalam penelitian ini bertempat di Banjarmangu, dimana terdapat sebuah wadah perkumpulan remaja yang dinamai Hizbul Wathan (HW). Hizbul wathan adalah sebuah organisasi kepanduan di dalam organisasi otonom (ORTOM) Muhammadiyah, namun dalam praktiknya di Banjarmangu HW adalah sebuah wadah kegiatan remaja dan sebagai perkaderan untuk membentuk generasi yang tangguh secara fisik serta mempunyai akhlakul karimah. Dalam kegiatan yang dilakukan HW Banjarmangu terdapat nilai-nilai pendidikan profetik salah satunya adalah kajian rutin yang dilaksanakan malam jumat. Kegiatan ini mempunyai banyak manfaat yang terkandung nilai-nilai pendidikan profetik di dalamnya. Oleh karena itu, peneliti dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi pendidikan profetik yang ada pada kegiatan Hizbul Wathan Banjarmangu Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengambilan datanya adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data penelitian, maka dapat diketahui bahwa di dalam kegiatan Hizbul Wathan Banjarmangu terdapat nilai-nilai pendidikan profetik diantaranya, (1) Kajian rutin. (2) Latihan sepak bola (3) Penghimpunan zakat, Infak dan Saadaqoh. (Kegiatan tersebut berawal dari sikap sebagian remaja di Banjarmangu berperilaku mendekati kepada kemusyrikan.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Profetik, Hizbul Wathan
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hendrawan Nur Mardiyanto
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:11
Last Modified: 20 Jun 2023 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19719

Actions (login required)

View Item View Item