MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH DAN PESANTREN DI SMP MA'ARIF NU 03 TARBIYATUT THOLIBIN BUMIJAWA TEGAL

Nurul, Hidayatulloh (2023) MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH DAN PESANTREN DI SMP MA'ARIF NU 03 TARBIYATUT THOLIBIN BUMIJAWA TEGAL. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURUL HIDAYATULLOH-MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH DAN PESANTREN DI SMP MA'ARIF NU 03 TARBIYATUT THOLIBIN BUMIJAWA TEGAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Upaya memadukan pendidikan sekolah formal dengan pondok pesantren akan menghasilkan sistem pendidikan yang lebih kuat dan lengkap. Salah satu bentuk perpaduan tersebut yaitu integrasi kurikulum pesantren dengan kurikulum sekolah formal. Untuk itulah sebagai cara ataupun upaya untuk mengintegrasi hal tersebut, kurikulum juga harus mempunyai pengelolaan yang yang baik dan tepat. Dan dalam mengelola kurikulum juga dibutuhkan orang yang ahli dibidangnya, jika tidak maka semua kegiatan yang berlangsung di satuan pendidikan tersebut tidak akan berjalan dengan baik dan terarah sesuai dengan tujuan Pendidikan. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen kurikulum sekolah berbasis pesantren di SMP Ma’arif NU 03 Tarbiyatut Tholibin Bumijawa Tegal, sehingga ruang lingkup dari penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kurikulum. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, display data, dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan dilakukan melalui tahapan landasan perencanaan kurikulum, merumuskan tujuan kurikulum, dan menentukan isi kurikulum. Pengorganisasian dilakukan dengan organisasi kurikulum intrakurikuler, organisasi kurikulum ekstrakurikuler, dan organisasi kegiatan insidental. Pelaksanaan dilakukan dengan tahap awal dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengacu kurikulum yang ditetapkan, pemilihan tujuan metode dan strategi pembelajaran, alat/bahan dan media pembelajaran sesuai dengan karakter masing-masing mata pelajaran. Kemudian pelaksanaan yang lain adalah dengan pembuatan jadwal pelajaran. Penggunaan kitab kuning dalam mata pelajaran kepesantrenan. Kemudian dalam evaluasi dilakukan dengan model CIPP yaitu konteks, masukan, proses, dan hasil/produk kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Integrasi Kurikulum Sekolah dan Pesantren
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Hidayatulloh sdr
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:09
Last Modified: 20 Jun 2023 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19718

Actions (login required)

View Item View Item