MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SOMAGEDE BANYUMAS

EDY, SAPTONO (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SOMAGEDE BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Edy Saptono_Manajemen Pembelajaran Berbasis Value Clarification Technique pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Somagede Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum pendidikan di SMP perlu dikembangkan supaya menekankan pada proses pembangunan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan siswa melalui berbagai metode yang mendidik. Rumusan kompetensi inti siswa terdiri dari kompetensi inti sikap spiritual, kompetensi inti sikap sosial, kompetensi inti pengetahuan, dan kompetensi inti ketrampilan mengharuskan guru mengembangkan pembelajaran proporsional dengan memberikan penekanan secara merata di antara 4 kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran berbasis Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Somagede Banyumas. Deskripsi dan analisis dimaksud meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh, dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran berbasis VCT terdapat kegiatan mendiskripsikan kondisi awal, menyusun perangkat pembelajaran, diskusi dengan siswa, menyusun instrumen observasi, menyusun instrumen penilaian, dan menyusun rencana perbaikan. (2) Pengorganisasian terdapat kegiatan mengidentifikasi tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan, mengkaji kembali kegiatan dan menjabarkannya menjadi sejumlah sub kegiatan, menentukan personel yang memiliki kesanggupan dan kemampuan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, memberikan informasi mengenai tugas dan kegiatan kepada tiap-tiap personel terkait perannya dalam pembelajaran, mengupayakan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. (3) Pelaksanaan terdapat kegiatan pendahuluan dengan apersepsi, kegiatan inti dengan penekanan pada kegiatan klarifikasi dan observasi sikap siswa, kegiatan penutup dengan melakukan penilaian, refleksi, umpan balik, dan perencanaan tindak lanjut. (4) Pengawasan di dalamnya berisi kegiatan supervisi akademik kepala sekolah berdasarkan prinsip obyektif, komprehensif, dan aktif. Supervisi akademik dilaksanakan dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Teknik supervisi yang digunakan adalah teknik supervisi kelompok dan teknik supervisi individual. Kata kunci: Manajemen pembelajaran-Value Clarification Technique-Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran-Value Clarification Technique-Pendidikan Agama Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Edy Saptono sdr
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:07
Last Modified: 20 Jun 2023 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19716

Actions (login required)

View Item View Item