PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CERITA BERANTAI DI PONDOK PESANTREN DAARUL IMAN SUKAKARYA BEKASI JAWA BARAT

Mila, Nurkhamilah (2023) PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CERITA BERANTAI DI PONDOK PESANTREN DAARUL IMAN SUKAKARYA BEKASI JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MILA NURKHAMILAH_PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CERITA BERANTAI DI PONDOK PESANTREN DAARUL IMAN SUKAKARYA BEKASI JAWA BARAT.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran maha ̅rah al-kalam di Pondok Pesantren Daarul Iman Sukakarya Bekasi Jawa Barat ini merupakan pembelajaran yang sudah di terapkan di Pondok-Pondok khusunya Pondok Bahasa. Adapun latar belakang dari para santri yaitu SD, SMP, SMA bahkan santri yang belum pernah belajar berbicara Bahasa Arab maka akan mengalami kesulitan. Oleh sebab itu dengan adanya teknik pembelajaran yang di terapkan di Pondok Pesantren Daarul Iman Sukakarya Bekasi Jawa Barat ini akan memudahkan santri dalam maha ̅rah al-kalam. Teknik pembelajaran yang di gunakan di Pondok Pesantren Daarul Iman Sukakarya Bekasi Jawa Barat ini yaitu teknik cerita berantai, di mana dengan teknik ini mampu memudahkan santri dalam maha ̅rah al-kalam dengan Bahasa baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran maha ̅rah al-kalam dengan menggunakan teknik cerita berantai di Pondok Pesantren Daarul Iman Sukakarya Bekasi Jawa Barat. Adapun jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian pada skripsi ini adalah Pondok Pesantren Daarul Iman Sukakarya Bekasi Jawa Barat, dan subject pada skripsi ini ialah Ustadz, Ustadzah dan santri. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang pembelajaran maha ̅rah al-kalam menggunakan teknik cerita berantai di Pondok Pesantren Darul Iman Sukakarya Bekasi Jawa Barat ini adalah pertama santri setiaphari selasa, rabu, jum’at, sabtu dan minggu diberikan mufrodat. Santri melakukan kegiatan maha ̅rah al-kalam satu minggu satu kali pada hari sabtu, dan yang terakhir yaitu evaluasi setiap hari minggu. Dengan adanya evaluasi ini akan melihatkan perkembangan santri dalam maha ̅rah al-kalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Maharah Al-Kalam, Teknik Cerita Berantai
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mila Nurkhamilah sdri
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:05
Last Modified: 20 Jun 2023 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19715

Actions (login required)

View Item View Item