NILAI-NILAI AKHLAH DALAM SERIL ANIMASI NUSSA DAN RARA (ATUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Putri Pina, Anggraeni (2023) NILAI-NILAI AKHLAH DALAM SERIL ANIMASI NUSSA DAN RARA (ATUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Putri Pina Anggraeni_Nilai-Nilai Akhlak Dalam Serial Animasi Nussa dan Rara (Studi Analisis Semiotika ROLAND Barthes).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai Nilai Akhlak Dalam Serial Animasi Nussa dan Rara (Studi Analisis Semiotika ROLAND Barthes) Putri Pina Anggraeni 1617102033 ABSTRAK Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat terutama dalam bidang komunikasi dan informasi. Banyak orang yang masih belum menyadari dengan media sosial yang menyajikan konten edukasi untuk bahan pengajaran. Youtube menjadi salah satu media sosial yang sudah menjadi sarana pembelajaran, salah satunya Youtube Nussa Official, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai-nilai akhlak yang Nampak untuk dapat dipelajari, yang kemudian diklasifikasikan pada kategori nilai-nilai Islam. Nilai-nilai akhlak beragam macam dan bentuknya, animasi merupakan salah satu media yang bisa merepresentasikan nilai-nilai akhlak dengan lebih indah dan menarik. Animasi Nussa dan Rara merupakan Animasi yang memiliki konsep Edutainment atau Edukasi dan Entertainment. Sehingga animasi ini cocok utuk menyampaikan nilai-nilai akhlak melalui visual dan audio kepada anak dengan lebih menarik dan ramah bagi mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa pesan akhlak yang terdapat dalam animasi Riko The Series, serta Bagaimana penyampaian nilai-nilai akhlak dalam Serial Nussa dan Rara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data primer berupa akun Youtube The Little Giant dan sumber data sekunder berupa skripsi, artikel, jurnal, website yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa animasi Nussa dan Rara terdapat nila-nilai akhlak, diantaranya akhlak pribadi berupa Ikhlas. Akhlak terhadap Sesama yaitu Sedekah. Akhlak terhadap Lingkungan yaitu Menjaga kelestarian Alam dan Kasih Sayang kepada Hewan. Bentuk penyajian pesan akhlak dalam animasi Nussa dan Rara menggunakan dua pendekatan penyajian pesan yaitu emotional appeals dan humor appeals, emotional appeals pada animasi Nussa dan Rara ini menampilkan pesan kasih sayang, dan kesedihan. Humor appeals pada animasi Nussa dan Rara, didalam ceritanya terselipkan adegan dan dialog yang berkesan lucu oleh tokohnya yaitu Nussa, Rara, Anta dan Abdul. Serta dalam menerapkan prinsip-prinsip animasi, Nussa dan Rara terdapat: staging, solid drawing dan appeals. Kata Kunci: Nilai akhlak, Animasi Nussa dan Rara, Semiotika Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai AKhlak Animasi Nussa dan Rara Semiotika Roland Barthes
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Pina Anggraeni sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:45
Last Modified: 25 Jul 2023 07:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19713

Actions (login required)

View Item View Item