POLITIK HUKUM DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2019 TENTANG PESANTREN

iim naimatul, janah (2023) POLITIK HUKUM DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2019 TENTANG PESANTREN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Iim Naimatul Janah-Politik Hukum Dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 merupakan rekognisi negara terhadap pendidikan Islam non-formal. ini diberikan atas kontribusi pesantren dalam kemerdekaan Indonesia dimasa lalu. pengesahan ini dilakukan dimasa jabatan Presiden Joko Widodo periode kedua atas dukungan dari berbagai pihak. Penelitian ini akan menganalisis dasar politik dalam Undang-Undang Pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi yang bersumber dari data kepustakaan seperti buku, jurnal, dan artikel. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan perundang-undangan. Sedangakan untuk metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi yang diambil dari bahan-bahan pustaka. Sumber data primer yang digunakan yaitu Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren. Penelitian ini menunjukan bahwa dibalik disahkannya Undang-Undang Pesantren ada alasan lain yaitu Undang-Undang Pesantren diberikan Presiden Joko Widodo sebagai balasan kepada para pendukungnya yang sebagian besar NU dan PKB pada pencalonannya ketika pemilu tahun 2019. Adapun hal ini juga berdampak baik bagi pesantren karena dengan ini pesantren memiliki regulasi yang jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: undang-undang, pondok pesantren, politik hukum, Nahdlatul Ulama
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.2 Politik > 2x6.21 Negara Islam
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Iim Naimatul Janah
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:43
Last Modified: 19 Jun 2023 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19693

Actions (login required)

View Item View Item